Membuat unit iklan AdSense berukuran khusus
Google AdSense

Google AdSense telah menyediakan banyak variasi ukuran iklan. Selain ukuran standar iklan yang tersedia untuk semua negara, Google AdSense juga menyediakan ukuran standar iklan yang hanya tersedia di negara-negara tertentu (ukuran iklan wilayah). Publisher AdSense dapat membuat unit iklan AdSense dan memilih ukuran iklan yang sesuai dengan ukuran ruang iklan yang tersedia di template atau tema blog.

Selain iklan AdSense berukuran tetap, Google AdSense juga menyediakan iklan AdSense responsif. Iklan AdSense responsif ini memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan iklan AdSense berukuran tetap salah satunya adalah ukuran iklan responsif secara otomatis menyesuaikan ukuran ruang iklan yang tersedia. Publisher AdSense yang tidak mengetahui pasti ukuran ruang iklan di template atau tema blog, dapat menggunakan iklan AdSense responsif ini.

Baca artikel:

Banyaknya variasi ukuran iklan AdSense berukuran tetap dan tersedianya iklan AdSense responsif sudah lebih dari cukup sebagai opsi ukuran iklan untuk dipasang di blog. Penggunaan iklan AdSense responsif dan dua atau tiga iklan AdSense berukuran tetap sudah dianggap cukup. Anda juga perlu menghindari memasang iklan terlalu banyak untuk menjaga keseimbangan antara konten dan iklan serta memberi user experience yang baik kepada pengunjung blog (visitor).

Jika diperhatikan, ketika Anda membuat unit iklan AdSense baru, ada opsi untuk membuat unit iklan AdSense berukuran khusus (custom size). Mengapa Google AdSense masih menyediakan opsi ini sedangkan variasi ukuran iklan berukuran tetap dan iklan responsif sudah lebih dari cukup? Opsi untuk membuat iklan AdSense berukuran khusus disediakan bila Anda ingin membuat format iklan regional yang tidak tersedia di format standar atau Anda perlu ukuran khusus untuk disesuaikan dengan layout laman blog Anda.

Membuat unit iklan AdSense berukuran khusus

Tema Blogger umumnya mempunyai desain dan layout yang hampir sama. Lebar sidebar dan area tertentu lainnya di tema Blogger biasanya sudah cocok dengan salah satu ukuran iklan AdSense yang ada atau bila perlu menggunakan iklan AdSense responsif. Demikian juga dengan template CMS seperti Wordpress dan Joomla yang menggunakan teknologi web Bootstrap. Anda sebagai blogger sekaligus publisher AdSense, mungkin tidak ada urgensi untuk membuat unit iklan AdSense berukuran khusus ini.

Baca artikel:

Iklan AdSense berukuran khusus masuk dalam iklan AdSense berukuran tetap yang tidak dapat menyesuaikan perubahan ukuran ruang iklan bila terjadi perubahan orientasi pada layar perangkat. Meskipun Google AdSense juga menggunakan teknik pencitraan tingkat lanjut (advanced imaging technique) untuk menyesuaikan ukuran iklan pada ruang iklan yang tersedia, ketersediaan iklan AdSense berukuran khusus tetap saja terbatas atau pada akhirnya akan diisi dengan ukuran iklan AdSense yang lebih kecil.

Baca artikel:

Keterbatasan inventaris iklan AdSense berukuran khusus dapat menyebabkan iklan jarang muncul. Untuk publisher AdSense sendiri, ini dapat berdampak negatif pada penghasilan. Untuk itu, perlu dipertimbangkan serius ketika akan membuat iklan AdSense berukuran khusus. Namun, karena satu dan lain hal, Anda bisa saja tetap membuat unit iklan AdSense berukuran khusus. Bila demikian, Anda perlu mengetahui bahwa Google AdSense memberi batasan piksel (px) maksimun dan minimum untuk memberikan user experience yang posistif.

  • Lebar minimum 120px dan tinggi minimum 50px.
  • Hanya satu dimensi yang boleh melebihi 450px.
  • Tinggi atau lebar tidak boleh melebihi 1200px.

Untuk membuat unit iklan AdSense berukuran khusus, beri nama iklan yang ingin dibuat (1), pilih Custom size (2), tentukan lebar dan tinggi iklan dalam piksel (3), dianjurkan memilih text & display ads (4), gaya iklan bisa diabaikan sementara (5), saluran iklan bisa diabaikan sementara (6), opsi bila iklan tidak muncul di laman blog, gunakan default (7) dan selanjutnya klik tombol Save and get code (8).

Membuat unit iklan AdSense berukuran khusus
SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI BILA BERMANFAAT
Pin It