Backlink harus DoFollow dan PageRank tinggi

Bila sebelumnya Anda belajar SEO, Anda tentu juga belajar tentang backlink. Ketika Anda mencari backlink, Anda akan disarankan untuk mencari backlink yang DoFollow dan PR (PageRank) tinggi. Beberapa tahun sebelumnya, sampai 2014, PageRank masih menjadi salah satu ukuran bahwa sebuah website berkualitas. Semakin tinggi skor PageRank, semakin berkualitas website. Mengapa backlink harus dari website DoFollow dan PageRank tinggi?

Banyak artikel-artikel yang membahas backlink saat itu memberikan daftar website DoFollow dan PageRank tinggi untuk dijadikan sebagai sumber backlink berkualitas. Meskipun Google menghapus PageRank toolbar pada 2013, update skor PageRank masih tetap berjalan untuk beberapa lama. Sebenarnya, PageRank tidak benar-benar dihapus, hanya tidak tersedia untuk publik, namun masih digunakan di internal Google sebagai salah satu faktor pemeringkatan.

Untuk dapat mempelajari backlink lebih mendalam, sebaiknya Anda perlu tahu yang dimaksud dengan backlink, DoFollow dan juga PageRank saat itu. Artikel ini tidak memberi penjelasan secara rinci atau mendalam yang dimaksud dengan backlink, DoFollow dan PageRank, hanya sebatas pengantar untuk lebih memudahkan memahami bahasan mengenai backlink yang seharusnya DoFollow dan PageRank tinggi.

1. Backlink.

Backlink adalah salah satu teknik SEO off-page. Backlink, disebut juga dengan inbound link, inlink, link masuk atau link balik, secara sederhana adalah link atau hyperlink yang terdapat di website lain yang mengarah ke halaman web atau website Anda. Backlink memiliki nilai SEO yang sangat penting karena dapat mempengaruhi PageRank, peringkat website dan juga visibilitas di hasil pencarian mesin pencari (SERP).

2. DoFollow.

DoFollow adalah salah satu nilai dari atribut rel pada sebuah link. Secara standar, semua link adalah DoFollow, kecuali Anda menambahkan atribut rel="nofollow". Link DoFollow membolehkan robot mesin pencari (search engine bots) untuk mengikuti link dan sampai ke halaman web yang dituju link. Berbeda dengan DoFollow, link NoFollow menginstruksikan robot mesin pencari untuk tidak mengikuti link.

Baca artikel Memahami Link DoFollow Dan NoFollow

3. PageRank.

PageRank adalah algoritma yang digunakan oleh Google untuk menentukan seberapa penting dan relevan sebuah website berdasarkan jumlah dan kualitas link masuk (inbound link). Skor PageRank Google saat itu masih tersedia dan dapat diketahui publik melalui PageRank toolbar, namun, saat ini, sudah tidak tersedia lagi untuk publik. Sekarang, PageRank hanya digunakan di internal Google. PageRank adalah rentang nilai dari 0 sampai 10.

Memahami PageRank saat itu sebagai salah satu faktor penting pemeringkatan dan menerapkan pengetahuan tersebut untuk sekarang ini masih bisa bermanfaat. Kenyataan bahwa link masuk (inbound link) tetap berperan penting dalam strategi SEO sampai saat ini. Meskipun Anda tidak lagi mendapatkan akses skor PageRank dari Google, ada beberapa SEO tool yang mencoba membuat kembali algoritma PageRank berdasarkan link masuk (inbound link) seperti PageRank Checker.

4. Backlink harus DoFollow.

Mengapa backlink harus DoFollow? Ini terkait dengan nilai SEO (link equity atau link juice) yang diteruskan atau ditransfer dari halaman web dimana link berada ke halaman web atau website yang dituju oleh link. Banyak artikel menyebutkan berbeda bahwa yang dimaksud nilai SEO sebuah link mengacu pada PageRank, otoritas, kredibilitas atau peringkat halaman. Nilai SEO ini hanya bisa diteruskan atau ditransfer oleh backlink yang DoFollow.

Backlink yang NoFollow tidak dapat meneruskan atau mentransfer nilai SEO. Itulah sebabnya sumber dari backlink adalah selalu website yang DoFollow. Bila website Anda memiliki backlink NoFollow dari website yang memiliki otoritas bagus dan Pagerank tinggi, website Anda tetap tidak memperoleh transfer nilai SEO. Website yang NoFollow tidak dapat membantu website lain mendapat peringkat lebih baik di SERP.

Apakah backlink yang NoFollow kurang atau tidak bermanfaat untuk mendorong SEO yang lebih baik? Backlink NoFollow tetap bermanfaat karena dapat mendatangkan banyak trafik bila berasal dari website yang memiliki trafik besar. Trafik adalah juga indikator untuk mesin pencari bahwa sebuah halaman web bermanfaat dan penting. Namun, backlink yang NoFollow memiliki peran lebih kecil dibandingkan dengan backlink DoFollow dalam mendorong SEO yang lebih baik.

5. Backlink harus dari website PageRank tinggi.

Mengapa backlink harus berasal dari website dengan PageRank tinggi? Ini juga masih ada kaitan dengan nilai SEO (link juice). Nilai SEO memiliki kaitan erat dengan kualitas backlink. Backlink berkualitas berasal dari website dengan skor PageRank tinggi saat itu. Semakin tinggi skor PageRank sebuah website, semakin berkualitas backlink dan akan semakin banyak pula nilai SEO (link juice) yang bisa diteruskan atau ditransfer.

Beberapa artikel SEO menyatakan apabila backlink berasal dari website dengan PageRank rendah, maka tidak akan terjadi transfer nilai SEO. Banyaknya backlink dari website dengan PageRank rendah dapat menyebabkan website Anda beresiko. Google akan menganggap Anda bermaksud untuk memanipulasi PageRank atau peringkat website di hasil pencarian (SERP). Website Anda akan terkena pinalti.

Rumor yang berkembang menyatakan bahwa Google tidak lagi menyediakan skor PageRank untuk publik agar tidak disalahgunakan. Google ingin menghentikan spammer yang menggunakan PageRank untuk menghasilkan uang ilegal dan memanipulasi link agar meningkat secara artifisial untuk mendapatkan PageRank tinggi. Sampai sekarang, PageRank tetap ada dan digunakan di internal Google.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It