Membandingkan blog satu topik dan blog banyak topik dari sisi SEO
Blog Satu Topik Vs Blog Banyak Topik

Topik adalah inti atau pokok bahasan dari materi yang disampaikan. Karena blog memuat konten digital, maka topik dalam dunia blogging dapat diartikan sebagai inti atau pokok bahasan dari konten blog. Blog ada yang membahas hanya satu topik dan ada pula yang membahas banyak topik berlainan. Anda dapat mengetahui dengan mudah mana blog yang memiliki satu topik saja dan mana yang memiliki banyak topik.

Dunia blogging juga mengenal istilah niche blog. Penggunaan istilah niche mengacu pada blog yang membahas hanya pada satu topik. Misalnya, blog yang membahas tentang Search Engine Optimization (SEO) bisa dikatakan sebagai blog niche SEO, sedangkan blog yang membahas banyak topik berlainan seperti SEO, Blogging, Internet Marketing, Sistem Operasi, Networking, Hardware, Software tidak termasuk sebagai blog niche.

Baca artikel:

Kompetisi artikel untuk bisa masuk di halaman pertama hasil pencarian dan berkesempatan diklik oleh pengunjung blog semakin sulit. Kekuatan SEO pada blog dan artikel menjadi sangat penting. Menentukan pilihan pada blog dengan satu topik atau blog dengan banyak topik juga turut andil memberi pengaruh pada SEO. Tidak sedikit blogger pemula yang menentukan pilihan pada blog dengan banyak topik.

Tujuan dari SEO adalah agar halaman blog mendapat peringkat lebih baik dan bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian mesin telusur. Halaman blog yang muncul di halaman pertama memiliki kesempatan lebih besar untuk diklik. Untuk menjaga SEO tetap baik, blog dengan satu topik akan lebih baik dibandingkan blog dengan banyak topik berlainan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan blog dengan satu topik dilihat dari sisi SEO:

1. Lebih banyak informasi terkait keyword yang sama.

Search engine akan memberi preferensi lebih pada blog yang hanya membahas satu topik saja. Blog dengan satu topik dipastikan dapat berisi lebih banyak informasi terkait dengan kata kunci (keyword) yang sama. Internal link yang dibagikan (share) juga masih terkait dengan informasi dalam satu topik. Blog dengan satu topik dianggap lebih bisa memberi informasi yang lengkap karena secara khusus hanya membahas satu topik tersebut.

2. Lebih fokus pada kualitas konten.

Content is King. Konten adalah alasan utama visitor mengunjungi blog Anda. Karena itu, penting menyediakan konten berkualitas yang sarat informasi. Kualitas konten adalah salah satu SEO paling penting. Kualitas konten dapat mendorong banyak visitor untuk membaca konten. Ini bisa menjadi salah satu sinyal bagi mesin telusur untuk memberi peringkat yang lebih baik pada konten.

Setiap blogger tentunya mempunyai keterbatasan dalam hal penguasaan pengetahuan. Dari sekian banyak pengetahuan yang dikuasai, mungkin ada satu atau dua pengetahuan yang paling dikuasa. Fokus pada blog dengan satu topik yang benar-benar dikuasai memastikan bahwa konten blog yang dihasilkan juga lebih berkualitas. Sulit rasanya bisa menghasilkan konten yang benar-benar berkualitas untuk banyak topik berlainan.

3. Otoritas domain yang lebih baik.

Otoritas domain (domain authority atau DA) adalah skor peringkat mesin telusur (search engine) yang memprediksi seberapa baik blog atau website akan diberi peringkat pada halaman hasil penelusuran (search engine results pages atau SERP). Banyak cara yang bisa diupayakan untuk menaikkan otoritas domain sebuah blog atau website, salah satunya dengan membuat konten berkulitas sebagaimana disinggung di poin 2.

Baca artikel Cara Meningkatkan Page Authority (PA) Secara Signifikan

Otoritas domain juga digunakan oleh mesin telusur untuk memberi peringkat pada blog atau website. Menaikkan otoritas domain memungkinan sebuah blog atau website diberi peringkat lebih tinggi oleh mesin telusur seperti Google. Blog dengan satu topik dapat memiliki kesempatan lebih baik untuk membuat peringkat otoritas yang lebih tinggi bila dibandingkan blog dengan banyak topik berlainan.

SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI BILA BERMANFAAT
Pin It