Memahami istilah link juice di SEO

Link juice atau link equity adalah sebuah istilah non-teknis dalam SEO yang mengacu pada nilai SEO dari sebuah link atau hyperlink yang diteruskan atau ditransfer dari sebuah halaman web atau website ke sebuah halaman web atau website lain. Mesin pencari (search engine) seperti Google dan yang lainnya menganggap bahwa link sebagai suara (vote) oleh sebuah halaman web atau website untuk halaman web atau website lain.

Meskipun Link juice sering dikaitkan dengan backlink yaitu link atau hyperlink yang terdapat di website lain yang menuju ke website Anda, namun link juice juga terjadi pada internal link dan external link dengan arah transfer link juice yang bersesuaian. Di SEO, Link juice menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi posisi peringkat halaman web atau website di hasil pencarian mesin pencari (SERP).

Baca artikel:

1. Bagaimana link juice bekerja.

Link juice atau link equity adalah nilai SEO dari sebuah link yang diteruskan atau ditransfer dari halaman web atau website dimana link berada ke halaman web atau website lain yang dituju oleh link. Misalnya, jika link di halaman web A menuju ke halaman web B, maka link juice akan diteruskan atau ditransfer dari halaman website A menuju ke halaman website B.

Link juice juga tergantung pada jumlah dan kualitas link. Semakin banyak dan berkualitas link yang menuju ke sebuah halaman web, akan memakin banyak pula link juice yang diterima oleh halaman web tersebut. Misalnya, halaman web A menerima 3 link berkualitas dari 3 website, sedangkan halaman web B menerima 2 link berkualitas dari 2 website, maka halaman web A menerima lebih banyak link juice dibandingkan halaman web B dan halaman web A akan mendapat peringkat lebih baik di SERP.

2. DoFollow dan NoFollow dalam link juice.

DoFollow dan NoFollow adalah nilai atribut rel yang dapat disertakan dalam sebuah link. Secara standar (default), semua link adalah DoFollow kecuali Anda menambahkan atribut rel="nofollow" di link. Sebuah link hanya bisa mentransfer atau meneruskan link juice bila link tersebut DoFollow. Link NoFollow tidak dapat mentransfer atau meneruskan link juice.

Baca artikel Memahami Link DoFollow Dan NoFollow Untuk Strategi SEO

Bila halaman web menerima link NoFollow dari website yang memiliki otoritas tinggi dan konten relevan, maka halaman web tidak akan menerima transfer link juice. Link NoFollow tidak memberi kontribusi apapun terkait link juice. Salah satu cara untuk mendapatkan backlink adalah dengan berkomentar di blog lain, namun kebanyakan sistem komentar blog telah diatur ke NoFollow. Bila demikian, halaman web hanya menerima trafik saja ketika link diklik, tetapi tidak ada transfer link juice.

Baca artikel Backlink Harus DoFollow Dan PageRank Tinggi?

Diumpamakan, setiap website meneruskan atau mentransfer link juice dalam jumlah sama. Anda mempunyai dua buah website. Halaman web A menerima link DoFollow dari 3 website, halaman web B menerima link DoFollow dari 2 website dan 1 link NoFollow dari sebuah website. Meskipun sama-sama menerima link dari 3 website, halaman web A menerima lebih banyak link juice dan diberi peringkat lebih tingg di SERP dibandingkan dengan halaman web B.

3. Bagaimana cara mendapatkan backlink.

Ada beberapa cara mendapatkan link dari website lain (backlink) baik melalui cara langsung dan tidak langsung. Cara langsung sering disebut dengan link building, misalnya berkomentar di website lain, guest blogging, broken link building dan sebagainya. Cara tidak langsung adalah membuat konten berkualitas sehingga banyak pembaca yang dengan sukarela membagikannya di web. Semakin banyak backlink berkualitas yang diperoleh, semakin banyak link juice yang diterima.

Baca artikel SEO: Beberapa Istilah Penting Dalam Backlink

4. Bagaimana mengukur link juice.

Ada metrik yang bisa diguanakan untuk mengukur link juice website Anda atau website lain. Google PageRank adalah salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk mengukur link juice. Tetapi, Google PageRank sudah tidak tersedia untuk publik dan hanya digunakan di internal Google. Beberapa SEO tool mencoba membuat kembali algoritma PageRank berdasarkan link masuk (backlink), salah satunya adalah PageRank Checker.

Selain PageRank, ada beberapa SEO tool lain yang juga bisa digunakan untuk mengukur link juice. SEO tool tersebut merilis data link juice sendiri yang bisa dijadikan sebagai ukuran. Di SEO, SEO tool ini penting, diakui dan mampu menyajikan angka yang akurat. Beberapa SEO tool ini adalah Moz Domain Authority (DA), dan Majestic Trush Flow (TF). Anda dapat mengunjungi link yang tersedia untuk mengetahui lebih banyak mengenai SEO tool tersebut.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It