Mengaktifkan menonaktifkan iklan AdSense di Matched Content
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

Di Google AdSense, Matched Content atau lebih lengkapnya Native Matched Content termasuk ke dalam salah satu iklan native selain Native in-feed dan Native In-article. Iklan native sendiri adalah iklan responsif yang format iklannya dapat menyesuaikan layout ruang iklan yang tersedia mulai dari jenis huruf, warna huruf dan bentuknya. Iklan native dianggap bisa lebih melebur dengan konten text.

Matched Content sebenarnya adalah tool rekomendasi gratis Google AdSense untuk tujuan mempromosikan konten yang terdapat di blog kepada pengunjung (visitor) blog. Penggunaan Matched Content akan dapat meningkatkan tampilan laman blog, waktu yang dihabiskan di blog, loyalitas pengunjung blog, impresi iklan dan pada akhirnya pendapatan dari iklan.

Mengaktifkan menonaktifkan iklan AdSense di Matched Content

Dari ketiga iklan native Google AdSense, Matched Content hanya tersedia untuk penayang AdSense yang memenuhi persyaratan terkait dengan volume trafik dan jumlah laman unik. Persyaratan ini dimaksudkan untuk lebih memastikan bahwa Matched Content dapat memberikan pengalaman hebat kepada visitor blog, sedangkan Native In-feed dan Native In-article tersedia untuk semua penayang AdSense tanpa persyaratan.

Baca artikel: Mengenal Iklan Native Yang Menjadi Trend Iklan Saat Ini Dan Iklan Native AdSense

Anda dapat memeriksa apakah blog-blog yang Anda kelola telah memenuhi persyaratan untuk menggunakan Matched Content. Tergantung dari masing-masing blog, ada dua kemungkinan kelayakan untuk dapat menggunakan Matched Content yaitu belum layak menggunakan Matched Content atau layak menggunakan Matched Content.

Anda dapat memeriksa blog-blog Anda mana saja yang telah memenuhi syarat untuk menggunakan Matched Content melalui akun Google AdSense yang Anda miliki. Untuk memeriksa kelayakan blog, masuk ke akun Google AdSense Anda, klik Settings (1), kemudian klik My Sites (2) dan selanjutnya pilih Matched Content (3). Blog-blog Anda yang layak untuk menggunakan Matched Content akan ditampilkan (4).

Mengaktifkan menonaktifkan iklan AdSense di Matched Content

Sebenarnya, ada cara lain untuk menggunakan Matched Content tanpa perlu memenuhi syarat volume trafik dan jumlah laman unik. Anda dapat menggunakan AdSense Auto Ads dan kemudian mengaktifkan Matched Content melalui tombol Change your global settings (tombol ikon pencil). Untuk mengakses AdSense Auto Ads, masuk ke akun Google AdSense Anda, klik My ads, kemudian klik Auto ads dan ikuti cara membuat dan pemasangannya.

Baca artikel: AdSense Auto Ads, Cara Baru Menempatkan Iklan Dan Memaksimalkan Pendapatan

Matched Content dapat menampikan iklan AdSense. Iklan AdSense akan muncul di antara rekomendasi konten di Matched Content. Berbeda dengan aturan sebelumnya yang perlu syarat tertentu agar iklan AdSense dapat muncul di Matched Content, Google AdSense nampaknya telah merubah syarat untuk ini dengan memberi lebih kemudahan. Blog yang telah menggunakan Matched Content, dapat langsung menampilkan iklan AdSense di dalamnya.

Secara standar, opsi "Memonetasi dengan iklan" untuk Matched Conten telah diaktifkan. Namun, dalam kondisi tertentu, misalnya saat Anda membuat atau mengedit Matched Content, Anda juga dapat menonaktifkan opsi tersebut. Berikut ini adalah cara mengaktifkan atau menonaktifkan opsi "Memonetasi dengan iklan" untuk Matched Content:

Masuk ke akun Google AdSense, klik My ads dan kemudian klik Ads units. Dari daftar unit iklan yang ditampilkan, pilih nama unit iklan matched Content yang pernah dibuat. Anda akan dibawa ke laman Edit matched content unit. Klik Ad options (1) untuk menampilkan switch button (tombol alih) "Monetisasi dengan iklan". Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan iklan AdSense di Matched Content, klik switch button (2) dan kemudian Simpan (3).

Mengaktifkan menonaktifkan iklan AdSense di Matched Content