Kelebihan unit iklan AdSense responsif dibandingkan unit iklan AdSense ukuran tetap
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

Sebagaimana publisher AdSense ketahui bahwa awalnya, Google AdSense hanya menyediakan iklan AdSense ukuran tetap (AdSense fixed-size ads). Google menyediakan cukup banyak ukuran iklan yang bisa dipasang di blog yang dimonetisasi. Anda perlu membuat unit iklan AdSense ukuran tetap yang sesuai dengan ukuran ruang iklan yang tersedia di template atau tema blog, terutama untuk bagian sidebar, header dan juga footer.

Iklan AdSense ukuran tetap mempunyai kelemahan ketika ada perubahan tata letak laman blog ketika dibuka di perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. Perubahan tata letak akan merubah posisi dan ukuran ruang iklan sebelumnya. Lalu bagaimana tampilan laman bila ukuran iklan AdSense tetap tetapi ukuran ruang iklan berubah menyempit atau melebar? Laman nampak kurang bagus dan memberi user experience yang jelek kepada pengunjung blog.

Artikel menarik lainnya:

Cukup lama dengan iklan ukuran tetap, Google AdSense kemudian merilis iklan AdSense responsif. Saat itu, pengguna perangkat mobile tumbuh pesat dan teknologi desain web responsif (responsive web design) telah banyak digunakan. Google memanfaatkan kemajuan ini dengan menghadirkan iklan responsif yang memiliki fitur-fitur lebih baik dibandingkan iklan AdSense ukuran tetap.

Anda mungkin menyukai artikel ini:

Google AdSense terus mendorong penggunaan unit iklan AdSense responsif. Ketika Anda membuat unit iklan AdSense baru, iklan responsif adalah opsi pertama yang diberikan dan dianjurkan untuk dipilih, demikian pun ketika Anda membuat unit iklan tautan Adsense (AdSense link ad unit). Lalu, apa kelebihan iklan AdSense responsif dibandingkan dengan iklan AdSense ukuran tetap? Kelebihan iklan AdSense responsif terdapat pada beberapa fitur utama dan juga kegunaan lainnya sebagai berikut:

Kelebihan unit iklan adsense responsif dibandingkan unit iklan adsense ukuran tetap

1. Ukuran iklan akan otomatis menyesuaikan ukuran ruang iklan.

Ukuran ruang iklan pada template atau tema blog akan berbeda saat dibuka menggunakan laptop, tablet atau smartphone. Ukuran iklan AdSense responsif otomatis akan menyesuaikan ukuran ruang iklan yang tersedia. Google AdSense telah menyederhanakan kode iklan AdSense responsif untuk Anda sehingga hanya dengan kode iklan tersebut dapat diperoleh ukuran iklan berbeda yang bisa menyesuaikan ukuran ruang iklan.

2. Ukuran iklan akan otomatis berubah setelah orientasi layar berubah.

Di perangkat tablet atau smartphone, ukuran ruang iklan pada template atau tema blog akan berubah ketika Anda merubah orientasi perangkat dari lanskap ke potret atau sebaliknya. Ukuran iklan AdSense responsif secara otomatis berubah menyesuaikan ukuran ruang iklan yang telah berubah akibat perubahan orientasi dengan memuat unit iklan baru. Ukuran iklan sebelumnya akan disimpan ke dalam cache dan bila orientasi perangkat berubah kembali, iklan sebelumnya yang disimpan akan ditampilkan lagi.

3. Iklan akan otomatis memanfaatkan lebar layar smartphone.

Eksperimen Google AdSense sendiri menyatakan bahwa iklan Adsense dengan lebar maksimal di perangkat smartphone dalam mode potret mempunyai performa lebih baik. Untuk membantu meningkatkan penghasilan para publisher AdSense, iklan AdSense responsif yang dipasang di blog secara otomatis diperluas untuk memanfaatkan lebar perangkat smartphone ketika perangkat tersebut dalam mode potret.

Sebagian besar publisher AdSense mungkin mendapat notifikasi Peluang di akun AdSense masing-masing berupa kartu (card) tentang Get full-width ads on mobile devices. Meskipun iklan AdSense responsif secara otomatis diperluas, namun tidak sesering jika Anda menambahkan parameter data-full-width-responsive="true" di kode iklan AdSense responsif tersebut. Anda dapat mengklik kartu Peluang untuk mendapat informasi lebih lengkap.

Baca artikel terkait parameter data-full-width-responsive di: Parameter data-full-width-responsive Di Iklan AdSense Responsif

Kelebihan unit iklan adsense responsif dibandingkan unit iklan adsense ukuran tetap

4. Iklan digunakan untuk mendapatkan unit iklan ukuran tetap tertentu.

Ada kalanya publisher AdSense tidak cukup puas dengan kelebihan dari iklan AdSense responsif. Misalnya, ketika iklan AdSense responsif secara otomatis menampilkan ukuran iklan 320x100 pada perangkat smartphone dalam mode portrait, sedangkan Anda menginginkan ukuran iklan 300x250. Anda dapat menggunakan iklan AdSense responsif untuk mendapatkan iklan ukuran tetap tertentu.

Contoh kode di bawah ini akan menampilkan ukuran iklan 300x250 di perangkat dengan lebar layar hingga 500px (smartphone), ukuran iklan 336x280 di perangkat dengan lebar layar antara 500px sampai dengan 799px (tablet) dan ukuran iklan 728x90 di perangkat dengan lebar layar 800px atau lebih (laptop atau PC). Anda perlu membuat iklan responsif terlebih dahulu, misalnya diberi nama adsense_responsif_1 dan menyertakan nama iklan responsif ini ke dalam kode.

Baca artikel Mengubah Kode Iklan Responsif di Pusat Bantuan AdSense.

Kelebihan unit iklan adsense responsif dibandingkan unit iklan adsense ukuran tetap