SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

Istilah Friends dan Followers di Facebook terkadang masih membingungkan bagi pengguna jejaring sosial Facebook. Ada yang menganggap bahwa itu identik, namun yang mengatakan berbeda juga bingung letak perbedaannya. Tentu, Facebook tidak mungkin menggunakan dua istilah berbeda untuk fungsi yang benar-benar sama. Friends dan Follower memang mempunyai kesamaan dan perbedaan sekaligus.

Bila Anda berteman dengan (friend with) seseorang di Facebook, otomatis Anda juga mengikuti (follow) orang tersebut. Hal ini dapat dilihat di laman profil orang yang sudah berteman dengan Anda, akan ada tanda centang di tombol Friends dan Following. Ketika Anda berteman dengan seseorang, Anda dapat melihat status update atau postingan yang dibagikan publik oleh orang tersebut, demikian juga orang tersebut dapat melihat status update atau postingan Anda yang bagikan publik.

Baca artikel terkait:

Mempunyai banyak teman Facebook memang menyenangkan, namun bila beberapa diantaranya sangat sering melakukan update status atau postingan, Anda akan dibanjiri dengan banyak sekali update status atau postingan dari mereka. Anda kemungkinan dapat kehilangan update status atau postingan yang justru benar-benar Anda pedulikan atau tunggu. Seringkali Anda akan mendapati update status atau postingan yang kurang Anda sukai, misalnya yang mengarah ke ranah politik dan cenderung berpihak.

Artikel menarik lainnya:

Solusi yang dapat Anda ambil adalah memutuskan pertemanan (unfriend) di Facebook sehingga Anda tidak akan menerima update status atau postingan dari mereka, demikian pula mereka tidak akan menerima update atau postingan dari Anda. Namun cara yang "lebih cantik" adalah Anda tetap berteman di Facebook namun berhenti mengikuti (unfollow) mereka sehingga Anda tidak lagi menerima update status atau postingan dari mereka.

Keuntungan lain tetap berteman di Facebook namun berhenti mengikuti adalah bila sewaktu-waktu Anda memutuskan untuk mengikuti (follow) mereka kembali, Anda tinggal mengikuti mereka tanpa harus mengirim permintaan pertemanan (friend request). Bila Anda memutuskan untuk tidak mengikuti seseorang namun tetap berteman di Facebook, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Di laman profil Anda, Anda dapat melihat daftar semua teman-teman Anda. Tentukan teman yang ingin Anda tidak ikuti dan kemudian klik. Anda Akan dibawa ke laman profil teman Anda. Di laman profil teman Anda, Anda akan melihat tombol Friends (1) dan Following (2).

Berhenti mengikuti (unfollow) seseorang tetapi masih menjadi teman Facebook

Untuk tidak mengikuti teman Facebook Anda, klik tombol Following (1) dan kemudian pilih Unfollow (2).

Berhenti mengikuti (unfollow) seseorang tetapi masih menjadi teman Facebook

Sekarang Anda perhatikan lagi di laman profil teman Facebook Anda, tombol Following telah berubah menjadi Follow.

Berhenti mengikuti (unfollow) seseorang tetapi masih menjadi teman Facebook