Cara menghapus komentar di YouTube
YouTube Comments

YouTube adalah sumber infotainment hebat yang memiliki berbagai jenis konten yang bermanfaat. Anda sebagai pemirsa konten YouTube memiliki hak untuk memberikan pendapat atau pandangan terkait isi video pada kolom komentar. Anda dapat memberikan atau meninggalkan saran, pertanyaan atau informasi lainya kepada pengembang konten dan juga pemirsa lainnya.

Sama seperti video YouTube, kolom komentar juga memegang peranan vital. Pada umumnya, pemirsa video YouTube juga akan membaca komentar yang diberikan oleh pemirsa sebelumnya setelah melihat video dan kemudian memberikan pendapat atau pandangannya. Yang perlu diperhatikan adalah Anda harus bijak dalam memberikan komentar pada video YouTube yang ditonton.

Mungkin saja, ketika terpengaruh dengan isi video yang ditonton dan tidak sependapat, Anda kemudian memberi komentar negatif, tidak pantas atau yang memalukan. Bisa juga, Anda sebagai pembuat konten mendapat banyak komentar negatif, tidak pantas atau memalukan karena isi video Youtube Anda. Seharusnya, Komentar demikian sebisa mungkin dihindari dan tetap memberi komentar bijak, positif dan layak.

YouTube menyadari betapa pentingnya menjaga komunitas tetap positif, aman dan memberi kebaikan kepada Anda. Bila Anda pernah memberi komentar pada video YouTube secara tidak pantas atau memalukan dan menyadari bahwa ini tidak sepatutnya dan ingin menghapusnya, Anda masih dapat menghapus komentar tersebut. Berikut ini adalah caranya:

1. Menghapus komentar YouTube satu per satu melalui Comment History.

Comment History akan menampilkan semua komentar yang pernah Anda berikan pada video YouTube. Melalui Comment History ini, Anda hanya bisa menghapus komentar satu per satu.

Buka YouTube, di bilah sebelah kiri (sidebar), klik History.

Menghapus komentar YouTube

Di bilah sebelah kanan, klik Comments.

Menghapus komentar YouTube

Pilih komentar video YouTube yang ingin dihapus dan kemudian klik ikon X. Anda perlu menunggu beberapa jam agar komentar benar-benar terhapus.

Menghapus komentar YouTube

2. Menghapus semua komentar YouTube sekaligus.

Anda mungkin memiliki histori komentar yang kurang baik dan ingin menghapus semua komentar sekaligus dan memulai lagi dari awal. Sayangnya, YouTube tidak menyediakan fitur atau tool untuk menghapus semua komentar sekaligus. Menghapus semua komentar sekaligus juga akan menghapus semua data pada channel Anda. Maka pahami terlebih dahulu dan pertimbangkan dengan hati-hati sebelum menghapus semua komentar tersebut.

Di bilah sebelah kiri, klik Settings.

Menghapus komentar YouTube

Di halaman berikutnya, masih di bilah sebelah kiri, klik Advanced Settings.

Menghapus komentar YouTube

Di bagian Set up YouTube exactly how you want it, klik Delete Channel.

Menghapus komentar YouTube

Di laman Remove YouTube content, klik I want to permanently delete my content.

Menghapus komentar YouTube

Beri tanda centang di semua kotak centang bahwa Anda memahami penghapusan ini (1) dan kemudian klik Delete my content (2).

Menghapus komentar YouTube

Ketik kembali nama channel Anda di kotak yang disediakan (1) dan kemudian klik Delete my content (2). Perlu waktu beberapa menit sampai beberapa hari tergantung dari banyaknya konten yang dihapus.

Menghapus komentar YouTube