Perbedaan utama Google AdSense dan Google AdWords

Apa yang Anda lihat ketika mengunjungi sebuah halaman (laman) blog atau website? Konten blog atau website dan iklan. Ya benar, hampir dapat dipastikan, setiap kali Anda membuka sebuah halaman blog atau website, Anda juga akan melihat dua, tiga atau lebih iklan. Umumnya, iklan-iklan yang muncul di halaman blog atau website adalah iklan yang berasal dari jaringan periklanan Google, meskipun Anda mungkin juga bisa menemukan iklan yang bukan berasal dari jaringan periklanan Google

Jaringan periklanan Google ini sangat terkenal dan mendominasi di seluruh dunia. Meskipun ada banyak program periklanan lokal di setiap negara termasuk juga di Indonesia, program periklanan Google tetap menjadi yang paling diminati. Hal ini bukan tanpa alasan karena jaringan periklanan Google sudah terbentuk dan tertata sangat rapi, memiliki sistem dan teknologi yang terbangun baik, serta terbukti memberikan kemudahan layanan kepada pihak pengiklan (advertiser) maupun penayang (publisher).

Jaringan periklanan Google terdiri dari dua program yaitu Google AdSense dan Google AdWords. Google AdSense adalah program periklanan Google yang ditujukan untuk penayang. Mereka yang memiliki blog atau website, dapat mengikuti program ini untuk menampilkan iklan AdWords di blog atau websitenya. Iklan AdWords ini selain ditampilkan di layanan Google sendiri seperti hasil pencarian mesin telusur Google, GMail dan Youtube, juga bisa ditampilkan di jaringan situs mitra Google. Jaringan situs mitra Google adalah blog atau website Anda yang mengikuti program Google AdSense dan telah diterima dan disetujui untuk menampilkan iklan AdWords.

Perbedaan utama google adsense dan google adwords

Berbeda dengan Google AdSense, Google AdWords adalah program periklanan Google yang ditujukan untuk pengiklan yang ingin mempromosikan atau mengiklankan produk dan jasanya. Melalui Google AdWords, pengiklan dapat membuat unit iklan untuk produk dan jasa yang akan dipromosikan. Iklan yang telah dibuat ini selanjutnya akan ditampilkan di halaman hasil pencarian mesin telusur Google, GMail dan Youtube dan jaringan situs mitra Google.

Perbedaan utama google adsense dan google adwords

Google berhak menarik sejumlah biaya iklan dari pihak pengiklan apabila iklan tersebut dilihat atau diklik, tergantung jenis iklan apakah berdasarkan impresi atau klik. Untuk Anda yang mengikuti program Google Adsense dan menampilkan iklan AdWords di blog atau website Anda, apabila iklan tersebut dilihat atau diklik, Anda berhak mendapatkan pembayaran dari Google menurut ketentuan dan aturan yang berlaku.

Google AdSense dan Google AdWords ini mempunyai keterkaitan satu sama lainnya. Jadi unit iklan yang ditampilkan di halaman hasil pencarian mesin telusur Google, GMail, Youtube dan blog atau website mitra Google merupakan siklus dari proses yang terjadi di jaringan periklanan Google. Pengiklan menggunakan Google AdWords untuk mempromosikan atau mengiklankan produk dan jasanya. Unit iklan yang berasal dari pengiklan kemudian dipromosikan melalui tampilan iklan di halaman hasil pencarian mesin telusur Google yang relevan, GMail, Youtube dan juga jaringan situs mitra Google yang telah diterima dan disetujui untuk menampilkan iklan AdWords.

Google sendiri sebagai pemilik dan pengelola jaringan periklanan menyediakan sistem dan teknologi untuk menjalankan semua kegiatan, menetapkan aturan-aturan untuk pengiklan dan penayang agar tercipta ekosistem yang baik serta menarik biaya dari pengiklan dan kemudiaan membayar kepada penayang. Google mengontrol dan mengendalikan semua yang terkait dengan jaringan periklanannya untuk terus berjalan baik dan berkelanjutan. Dalam lingkup sempit, jaringan periklanan Google memberikan keuntungan kepada semua pihak, baik Google sendiri, pengiklan dan juga penayang.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It