Facebook merupakan jejaring sosial yang menghubungkan Anda dan teman-teman Facebook Anda. Anda dapat mengetahui update status teman yang dibagikan publik dan begitu juga teman Anda akan mengetahui update status yang Anda bagikan publik. Di Facebook, Anda tidak harus menjalin pertemanan untuk bisa melihat update status seseorang. Anda bisa melakukan dengan mem-follow mereka. Lalu apa perbedaan antara "Friends" dan "Followers" di Facebbok?

Sebagian pengguna Facebook, Anda mungkin bingung dengan istilah Friends dan Followers. Anda mungkin beranggapan bahwa keduanya sama dan sebagian yang lain menganggap ada perbedaan entah dimana. Mungkinkah Facebook membuat dua istilah berbeda untuk fungsi yang sama persis? Facebook tentu tidak melakukan hal demikian dan juga tidak ingin membingungkan penggunanya. Memang ada kesamaan untuk beberapa hal dan juga perbedaan yang jelas. Lalu apa kesamaan dan perbedaannya?

Baca artikel Mengetahui Siapa Yang Mengikuti (Follow) Anda Di Facebook

Ketika Anda berteman dengan (friend with) seseorang di Facebook, Anda secara otomatis mengikuti (follow) orang tersebut. Anda akan melihat status update orang tersebut dan orang tersebut juga dapat melihat status update Anda. Berbeda dengan follow (mengikuti), ketika Anda telah mengikuti seseorang, Anda dapat melihat update statu dari orang diikuti, namun tidak sebaliknya, ketika Anda membuat update status, orang yang Anda ikuti tidak dapat melihat update status Anda.

Baca artikel Menyembunyikan Daftar Follower Facebook

Pertemanan di Facebook memiliki batasan. Ketika jumlah teman Facebook sudah mencapai 5000 orang, Anda tidak dapat melakukan pertemanan lagi. Berbeda dengan follow, Anda dapat mengikuti sebanyak mungkin orang, tanpa ada batas selama mereka membolehkan dan telah mengaktifkan tombol Follow. Sebenarnya, Anda tidak terbatas hanya mengikuti orang saja, Anda juga dapat mengikuti Facebook page yaitu profil publik khusus untuk bisnis, organisasi, brand dan sebagainya.

Baca artikel Berhenti Mengikuti (Unfollow) Seseorang Namun Masih Menjadi Teman Facebook

Lalu apa yang harus dilakukan ketika Anda ingin diikuti atau ingin mengikuti orang lain? Anda dan orang tersebut harus mengaktifkan tombol Follow di Facebook. Secara standar, tombol Follow tidak diaktifkan. Ketika tombol Follow diaktifkan, Anda tidak dapat melihat tombol Follow di Facebook Anda, hanya orang lain yang dapat melihatnya. Demikian juga seseorang tidak akan dapat melihat tombol Follow di Facebook-nya, hanya Anda dan orang lain yang dapat melihat tombol Follow di Facebook-nya.

Bagaimana cara untuk memastikan bahwa Anda telah benar-benar mengaktifkan tombol Follow di Facebook Anda, Anda dapat meminta bantuan keluarga atau teman yang memiliki akun Facebook. Anda dapat meminta mereka untuk memeriksa Facebook Anda melalui Facebook mereka apakah tombol Follow di Facebook Anda telah diaktifkan. Cara termudah adalah melihat tampilan Facebook Anda sendiri sebagai orang lain. Apakah bisa? Facebook memiliki fitur untuk ini dan Anda dapat mengetahui bagaimana melakukannya melalui link artikel di bawah ini.

Artikel menarik lainnya:

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tombol Follow tidak sulit. Facebook memiliki fitur terkait ini. Facebook sendiri sering diperbarui sehingga beberapa istilah di pengaturan mungkin berbeda dengan pengaturan Facebook sebelumnya. Namun, ini seharusnya tidak menjadi soal, meskipun untuk sebagian orang membingunkan. Bila Anda belum mengaktifkan tombol Follow dan ingin segera mengaktifkan, berikut ini adalah caranya:

Berikut ini adalah contoh tampilan laman Facebook yang belum mengaktifkan tombol Follow bila dilihat oleh orang lain. Anda juga dapat melihat tampilan laman Facebook Anda sendiri sebagai orang lain seperti yang dijelaskan di link artikel di atas.

Perbedaan friends dan followers serta cara mengaktifkan tombol Follow di Facebook

Jalankan browser dan buka Facebook Anda, klik tombol anak panah ke bawah yang ada di samping kanan tombol Quick Help (1) dan kemudian pilih Settings (2).

Perbedaan friends dan followers serta cara mengaktifkan tombol Follow di Facebook

Di laman Facebook Settings yang muncul, klik tab atau link Public Posts yang ada di area sebelah kiri layar.

Perbedaan friends dan followers serta cara mengaktifkan tombol Follow di Facebook

Di bagian tengah layar akan muncul pengaturan terkait Public Posts Filters and Tools. Pastikan Anda berada di bagian Who Can Follow Me (bagian paling atas), klik tombol yang ada disebelah kanan, bila Anda belum mengaktifkan tombol Follow, tombol ini berlabel Friends dan kemudian pilih Public dari opsi yang diberikan.

Perbedaan friends dan followers serta cara mengaktifkan tombol Follow di Facebook

Sekarang lihat kembali laman Facebook Anda dan perhatikan tombol Follow telah ditambahkan dan diletakkan diantara tombol Add Friend dan Message. Bila diinginkan, Anda dapat menonaktifkannya kembali tombol Follow dengan memilih opsi Friends.

Perbedaan friends dan followers serta cara mengaktifkan tombol Follow di Facebook

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It