Banyak sekali aplikasi dekstop dan aplikasi web sekarang ini menyediakan antarmuka gelap atau hitam. Sebagian aplikasi menyebut fitur ini dengan istilah mode tema gelap (dark theme mode) dan lainnya menggunakan istilah mode malam (night mode). Baik mode tema gelap atau mode malam mengacu pada hal yang sama yaitu memberikan antarmuka gelap atau hitam. Lalu mengapa banyak aplikasi menyediakan fitur antarmuka gelap atau hitam?

Anda bisa merasakan sendiri ketika menatap layar komputer dengan antarmuka aplikasi serba putih terang. Warna putih terang cenderung membuat mata silau, cepat lelah, panas, pedih dan juga gatal. Ini berbeda dengan warna hitam yang dapat mengurangi banyak dapak kurang nyaman pada mata. Mode tema gelap atau mode malam sebuah aplikasi akan sangat bermanfaat terlebih lagi ketika Anda menggunakan perangkat pada malam hari.

Baca artikel Mode Tema Gelap (Dark Theme Mode) YouTube

Aplikasi web, platform sosial media, twitter adalah salah satu yang menyediakan antarmuka hitam atau gelap. Di twitter, antarmuka gelap atau hitam ini disebut dengan night mode (mode malam). Fitur night mode di aplikasi twitter desktop mulai tersedia pada akhir 2017. Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan fitur mode malam (night mode) di twitter:

Buka akun twitter, klik foto profil Anda yang ada di sudut kanan atas (1), di daftar menu tarik turun (drop-down menus) yang muncul, pilih Mode malam (2).

Mengaktifkan fitur mode malam (night mode) twitter

Seketika antarmuka (interface) akun twitter Anda berubah menjadi warna hitam. Dengan antarmuka ini, mata menjadi lebih nyaman khusunya pada malam hari.

Mengaktifkan fitur mode malam (night mode) twitter

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It