Mematikan menonaktifkan restricted mode YouTube
Restricted Mode YouTube

YouTube adalah platform untuk berbagi konten video dan juga media sosial yang dimiliki oleh Google. Di PC atau laptop, Anda dapat mengakses YouTube melalui website resminya di youtube.com atau melalui aplikasi YouTube bila menggunakan smartphone. Di YouTube, Anda dapat menemukan dan melihat berbagai jenis video yang dibuat oleh content creator.

Video YouTube dapat diakses oleh segala usia dan tidak semua video cocok atau sesuai untuk anak-anak seperti konten kekerasan, konten adegan berbahaya, konten menakutkan, konten provokatif dan konten dewasa. Ini dapat mempengaruhi dan membahayakan mereka, baik mental maupun fisik. Misalnya, konten adegan berbahaya dapat menimbulkan cidera ketika anak-anak mencoba untuk meniru.

Untuk mencegah konten yang demikian dilihat oleh anak-anak, Google telah menyedia sebuah fitur yang disebut restricted mode (mode terbatas). Ketika diaktifkan, restricted mode akan memproteksi mereka sehingga tidak dapat melihat konten tersebut. Restricted mode menggunakan algoritma otomatis, memfilter menggunakan informasi seperti judul, tag, deskripsi dan apakah video telah diberi label sebagai pembatas usia.

Penggunaan restricted mode sendiri juga tidak 100% akurat dalam memfilter koten vidoe. Oleh karena itu, ada kalanya video juga ditinjau secara manual oleh staf YouTube. Retstricted mode banyak diimplementasikan oleh institusi pendidikan serta para orang tua pada perangkat anak mereka. Namun, bila Anda tidak menginginkan adanya pembatasan ini, Anda dapat mematikan atau menonaktifkan dengan mudah fitur restricted mode di YouTube.

Berikut ini adalah cara mematikan atau menonaktifkan fitur restricted mode Youtube di web browser pada PC atau laptop dan di aplikasi YouTube pada smartphone:

1. Di browser pada PC atau laptop.

Mematikan atau menonaktifkan fitur restricted mode YouTube di semua browser memiliki cara yang sama. Di contoh ini menggunakan browser Google Chrome untuk mematikan atau menonaktifkan fitur restricted mode YouTube.

Buka browser Google Chrome, kunjungi website YouTube dan kemudian klik ikon gambar profile Anda (1) yang ada di sudut kanan atas. Di daftar pilihah yang muncul, di posisi paling bawah, klik Mode Terbatas: Aktif (2) (Restricted Mode: On)

Mematikan Menonaktifkan restricted mode YouTube

Menu Mode Terbatas muncul. Klik toggle button AKTIFKAN MODE TERBATAS untuk mengubah nilai Mode Terbatas (Restricted Mode) dari Aktif (On) ke Nonaktif (Off) atau dari warna biru menjadi hitam. Website YouTube seketika melakukan refresh dengan Mode Terbatas: Nonaktif

Mematikan Menonaktifkan restricted mode YouTube

2. Di aplikasi YouTube pada smartphone.

Buka aplikasi YouTube di smartphone Android dan kemudian ketuk ikon gambar profil (1) yang ada di sudut kanan atas. Di layar berikutnya yang muncul, ketuk Settings (2).

Mematikan Menonaktifkan restricted mode YouTube

Di layar Settings yang muncul, ketuk General (1). Berikutnya, di layar General yang muncul, ketuk toggle button Restricted Mode untuk mengubah warna dari biru menjadi abu-abu (2).

Mematikan Menonaktifkan restricted mode YouTube