Cara membuat iklan unit tautan AdSense

Sebagai penayang (publisher) AdSense, Anda diberi pilihan terkait format, tipe dan ukuran iklan AdSense. Anda dapat menggunakan iklan AdSense teks dan gambar (spanduk, kotak, persegi, pilar, baliho), iklan native (in-article, in-feed, Matched Content), atau iklan tautan. Anda perlu melakukan eksperimen untuk menentukan iklan atau kombinasi iklan AdSense yang cocok dan berkinerja baik di blog Anda.

Kinerja iklan AdSense dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti niche, jenis pengunjung, sumber pengunjung, relevansi iklan yang muncul dan lain-lain. Iklan AdSense jenis gambar mungkin terlihat menarik, namun belum tentu berkinerja baik, sedangkan iklan tautan mungkin terlihat sederhana, cenderung kurang menarik, namun bisa jadi berkinerja lebih baik.

Baca artikel terkait:

Terkait iklan tautan AdSense, tautan teks dari iklan ini dapat menampilkan topik yang sesuai dengan konten blog. Iklan tautan AdSense lebih tertarget untuk konten yang mengandung beberapa kata kunci (keyword). Iklan ini juga berkinerja sangat baik untuk blog-blog yang mempunyai niche, misalnya yang mengulas produk. Iklan tautan AdSense dapat meningkatkan rasio klik tayang (RKT atau CTR) AdSense.

Cara dan langkah membuat iklan tautan AdSense ini sebenarnya sama dengan iklan-iklan AdSense lainnya. Namun untuk publisher AdSense baru terkadang bingung opsi mana yang harus diambil untuk membuat iklan tautan ini. Pertanyaan terkait cara membuat iklan tautan AdSense sering kita jumpai di banyak komunitas maupun forum AdSense.

Artikel lain terkait tautan (link):

Iklan tautan AdSense berbeda dengan iklan-iklan AdSense pada umumnya. Iklan tautan AdSense dianggap bukan iklan AdSense yang sebenarnya. Iklan yang sebenarnya berada di landing page yang ditaut oleh tautan teks ketika diklik. Publisher AdSense dibayar untuk klik iklan di landing page. Berikut ini adalah ukuran iklan tautan AdSense yang tersedia saat ini dan dapat dipilih ketika ingin membuatnya:

  • Responsive link (automatic size)
  • 728x15 Horizontal Large.
  • 468x15 Horizontal Medium.
  • 200x90 Vertical X-Large.
  • 180x90 Vertical Large.
  • 160x90 Vertical Medium.
  • 120x90 Vertical Small.

Sangat dianjurkan Anda membuat iklan tautan AdSense menggunakan format responsif. Iklan tautan AdSense responsif dianggap berkinerjan lebih baik. Iklan yang tampilannya menyerupai tombol ini dapat menyesuaikan secara otomatis dengan ukuran layar perangkat berbeda. Untuk membuat iklan tautan AdSense, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Masuk ke akun Google AdSense Anda, klik My ads (1), kemudian klik Ad units (2) dan selanjutnya klik tombol New ad unit (3).

Cara membuat iklan tautan AdSense

Dari daftar tipe iklan AdSense yang ingin dibuat, pilih Text & display ads.

Cara membuat iklan tautan AdSense

Untuk membuat iklan tautan AdSense, beri nama iklan yang ingin dibuat (1), pilih Link ads (2), tentukan ukuran iklan yang ingin dibuat (3), sangat dianjurkan untuk memilih ukuran iklan tautan responsif, gaya iklan bisa diabaikan sementara (4), saluran iklan bisa diabaikan sementara (5), opsi bila iklan tidak muncul di laman blog, gunakan default (6) dan selanjutnya klik tombol Save and get code (7).

Cara membuat iklan tautan AdSense

Kode iklan tautan AdSense yang dibuat ditampilkan di jendela yang muncul. Salin kode iklan tersebut (1) dan kemudian pasang di blog. Klik tombol Close untuk menutup jendela kembali.

Cara membuat iklan tautan AdSense

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It