Cara mencegah menghindari klik iklan AdSense sendiri
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

Google AdSense adalah program periklanan PPC dari Google yang banyak diikuti oleh blogger yang memiliki koten digital (blog). Sangat sulit untuk bisa menjadi publisher AdSense sendiri, terlebih lagi menjadi publisher AdSense yang dapat dikatakan berhasil. Google AdSense memiliki kebijakan program yang harus dipatuhi oleh semua publisher AdSense.

Sebagai seorang blogger sekaligus publisher AdSense, membuat dan memperbaiki konten blog, merubah penempatan, mengganti ukuran, tipe dan format iklan AdSense adalah pekerjaan yang hampir dilakukan setiap hari. Semua rutinitas tersebut dimaksudkan untuk menyajikan konten blog yang berkualitas agar visitor blog bertambah dan penghasil dari AdSense semakin baik.

Artikel menarik lainnya:

Melihat kembali tampilan blog sendiri setelah membuat dan memperbaiki konten blog, merubah penempatan, mengganti ukuran, tipe dan format iklan AdSense dapat mengakibatkan klik tidak sengaja pada iklan AdSense. Anda perlu kawatir karena klik iklan sendiri dianggap sebagai aktifitas klik tidak sah (invalid click activity) dan melanggar kebijakan AdSense (AdSense policies).

1. Klik iklan AdSense sendiri bisa dianggap aktifitas klik tidak sah.

Google sendiri sebenarnya juga menyadari dan mengetahui itu bahwa dalam mengelola blog, klik iklan AdSense sendiri tanpa sengaja terkadang tidak bisa dihindari. Sedikit klik iklan sendiri mungkin tidak masalah, namun bila klik iklan AdSense sendiri terjadi dan berulang setiap bulan, bisa dianggap sebagau aktifitas klik iklan tidak sah. Akun AdSense Anda mungkin akan dicekal (banned).

2. Memasang ekstensi Google Publisher Toolbar.

Untuk mencegah atau menghindari klik iklan AdSense sendiri, Anda dapat memasang ekstensi gratis Google Publisher Toolbar. Ekstensi ini khusus untuk pengguna web browser Google Chrome. Ekstensi ini mudah diinstal dan akan terhubung dengan akun Google yang Anda gunakan untuk masuk. Anda dapat mengikuti petunjuk instalasi dan proses koneksi ke akun Google Anda.

Anda mungkin tertarik artikel: Masih Perlukah Publisher AdSense Membuat Unit Iklan Berukuran Khusus?

Setelah instalasi dan koneksi ke akun Google selesai, akan muncul ikon Google Publisher Toolbar warna biru di pojok kanan atas web browser. Ketika Anda mengklik iklan tersebut, akan muncul ikhtisar penghasilan dan performa AdSense Anda. Semua iklan AdSense Anda yang muncul, akan diberi hamparan (lapisan) berwana agak gelap yang menutupinya.

Cara mencegah menghindari klik iklan AdSense sendiri

Ketika Anda mengklik iklan AdSense sendiri, sengaja maupun tidak, klik pada iklan AdSense tidak dihitung sebagai aktifitas klik tidak sah (invalid click activity). Google justeru akan menampilkan jendela berisi informasi rinci terkait unit iklan tersebut. Melalui jendela ini pula, Anda juga dapat mencekal unit iklan, URL atau jaringan iklan.

Cara mencegah menghindari klik iklan AdSense sendiri