Mengetahui cara kerja iklan unit tautan Google Adsense

Untuk Anda yang telah disetujui menjadi publisher AdSense, Anda dapat memasang kode iklan AdSense di blog yang Anda miliki. Google AdSense menyediakan beberapa tipe iklan yaitu teks, image dan teks & image. Google AdSense juga menyediakan berbagai ukuran iklan, baik untuk iklan horisontal maupun vertikal. Karena setiap blog itu unik, Anda perlu melakukan eksperimen untuk menentukan tipe, ukuran dan posisi penempatan iklan AdSense yang tepat untuk mendapat performa terbaik.

Selain iklan AdSense teks dan gambar (spanduk, persegi, kotak, pilar) yang banyak dipasang, Anda juga mempunyai opsi untuk memasang iklan unit tautan AdSense di laman blog. Iklan unit tautan AdSense adalah tautan teks yang apabila diklik akan mengarahkan pengunjung blog ke landing page berisi iklan yang relevan dengan tautan teks yang diklik. Iklan unit tautan AdSense ini bekerja dengan cara menganalisa konten blog dan kemudian memunculkan dua atau lebih tautan teks yang relevan.

Baca artikel terkait:

Banyak yang mengatakan bahwa iklan tautan AdSense ini tidak dianggap sebagai iklan. Iklan Google Adsense yang sebenarnya adalah iklan yang ada di landing page yang ditaut oleh tautan teks dari iklan unit tautan AdSense. Anda diperbolehkan untuk mengklik tautan teks yang ada di iklan unit tautan AdSense, namun dilarang untuk mengklik iklan yang terdapat di landing page.

Baca artikel Kelebihan Unit Iklan Tautan AdSense

Mengklik tautan teks di iklan unit tautan AdSense tidak akan memberi penghasilan, namun Anda sebagai penayang (publisher) hanya dibayar ketika pengunjung blog mengklik iklan yang ada di landing page. Gambar di bawah ini dapat menjelaskan cara kerja iklan unit tautan Adsense dan hubungannya dengan penayang, landing page dan juga pengiklan (advertiser).

Cara kerja iklan unit tautan Google AdSense

Sebagaimana iklan Google AdSense lainnya, iklan unit tautan AdSense juga tersedia dalam format horisontal dan vertikal. Iklan unit tautan horisontal dapat menampilkan 3 sampai 4 unit tautan teks, sedangkan iklan unit tautan vertikal dapat menampilkan 2 sampai tiga tautan teks. Ada beberapa ukuran dan format iklan unit tautan AdSense yang dapat dipasang di halaman blog. Berikut ini adalah beberapa ukuran dan format iklan unit tautan:

  • Responsive link (automatic size).
  • 728x15 Horizontal Large.
  • 468x15 Horizontal Medium.
  • 200x90 Vertical X-Large.
  • 180x90 Vertical Large.
  • 160x90 Vertical Medium.
  • 120x90 Vertical Small.
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It