Kelebihan atau keuntungan menggunakan unit iklan tautan AdSense
Google AdSense | Unit Iklan Tautan

Unit iklan tautan AdSense (link ad units) adalah salah satu unit iklan Google AdSense yang biasa ditemukan di hampir semua blog yang dimonetisasi dengan Google AdSense. Iklan tautan AdSense menampilkan serangkaian tautan teks (text links) yang relevan dengan konten artikel di dalam satu unit iklan tautan tunggal. Google AdSense menyediakan beberapa iklan tautan berukuran tetap dan iklan tautan responsif.

Selain iklan tautan berukuran tetap dan responsif, Google AdSense juga menyediakan dua orientasi iklan tautan yaitu iklan tautan horisontal dan iklan tautan vertikal. Anda dapat menggunakan dua orientasi iklan tautan ini untuk disesuaikan dengan orientasi ruang iklan yang tersedia di template blog. Namun, untuk kemudahan dan kepraktisan pemasangan iklan tautan dikaitkan ukuran dan orientasi ruang iklan yang tersedia, Anda dapat menggunakan iklan tautan responsif.

Google AdSense selalu menganjurkan untuk menggunakan iklan AdSense responsif, tidak terkecuali untuk iklan tautan. Iklan AdSense responsif dibuat secara khusus untuk desain blog responsif. Iklan AdSense responsif mendukung perangkat dengan ukuran layar berbeda (handphone, tablet dan komputer) dan ukuran iklan juga dapat menyesuaikan secara otomatis dengan tata letak (layout) laman blog.

Baca artikel Cara Kerja Iklan Unit Tautan AdSense

Bila diperhatikan, ketika iklan tautan responsif dipasang, akan ditampilkan dua baris tautan teks di layar komputer dan tablet dan empat baris tautan teks di layar handphone dalam posisi potret (tegak), sedangkan untuk jumlah kolom tautan teks menyesuaikan otomatis lebar ruang iklan yang tersedia. Namun, bila diinginkan, Anda dapat menentukan sendiri jumlah baris tautan teks dengan mengubah kode iklan tautan responsif sesuai dengan perubahan yang bisa diterima Google AdSense.

Banyak publisher AdSense menganggap bahwa tautan teks dari unit iklan tautan bukan iklan yang sebenarnya. Ketika tautan teks diklik, Anda akan diarahkan ke landing page berisi iklan AdSense yang sebenarnya. Iklan tautan AdSense memang berbeda dari iklan-iklan AdSense lainnya. Dari kacamata penulis, iklan tautan memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan atau keuntungan menggunakan unit iklan tautan AdSense:

1. Publisher boleh mengklik tautan teks.

Publisher AdSense dilarang mengklik iklan AdSense seperti iklan spanduk, billboard, iklan persegi yang dipasang di blog sendiri. Bila dilakukan, ini melanggar salah satu kebijakan AdSense. Namun, Anda diperbolehkan mengklik tautan teks dari unit iklan tautan. Tautan teks tidak dianggap sebagai iklan, iklan AdSense yang sebenarnya ada di landing page yang terbuka ketika tautan teks diklik.

Baca artikel Membuat Iklan Tautan AdSense Tidak Sulit

Publisher AdSense dilarang mengklik iklan AdSense yang ada di landing page. Mengklik iklan yang ada di landing page sama artinya dengan mengklik iklan AdSense seperti iklan spanduk, billboard, iklan persegi dan tentu saja melanggar kebijakan AdSense. Bagaimanapun juga, Anda juga tidak seharusnya mengklik tautan teks karena dapat meningkatkan tayangan iklan dan mempengaruhi metrik laporan.

2. Satu tautan teks berisi lebih dari satu iklan.

Ketika tautan teks dari unit iklan tautan diklik, landing page berisi iklan AdSense yang sebenarnya dibuka. Di landing page yang terbuka, dapat ditemukan beberapa unit iklan. Pengunjung dapat mengklik tautan teks yang terletak di sebelah kiri dari landing page (1) untuk membuka unit iklan AdSense lainnya (2). Terkadang satu atau lebih artikel blog yang relevan juga ditampilkan untuk mempromosikan artikel tersebut layaknya iklan native Matched Content (3).

Baca artikel Trend Iklan Native Dan Iklan Native AdSense

Kelebihan atau keuntungan menggunakan unit iklan tautan AdSense

Berbeda dengan iklan AdSense seperti iklan spanduk, billboard, iklan persegi yang memang hanya satu iklan yaitu iklan itu sendiri, adanya beberapa iklan AdSense di landing page dapat memberi pilihan lebih kepada visitor blog yang tertarik. Dengan demikian, ada kemungkinan lebih besar iklan di landing page diklik. Artinya, performa unit iklan tautan AdSense sebenarnya lebih baik.

3. Iklan tautan responsif memiliki fitur unggulan.

Iklan tautan AdSense responsif juga mempunyai fitur-fitur unggulan sebagaimana yang terdapat di iklan AdSense responsif. Adapun fitur-fitur unggulan yang dimiliki iklan tautan responsif adalah ukuran iklan otomatis menyesuaikan ukuran ruang iklan, ukuran iklan otomatis berubah setelah orientasi layar berubah dan iklan tautan responsif otomatis memanfaatkan lebar layar handphone dalam mode potret (tegak).

Baca artikel Kelebihan Iklan AdSense Responsif

Khusus untuk fitur unit iklan tautan responsif yang otomatis memanfaatkan lebar layar handphone dalam mode potret, bila Anda menggunakan kode iklan tautan responsif lama, parameter data-full-width-responsive="true" perlu ditambahkan ke dalam kode iklan karena parameter ini belum ada di dalam kode iklan tautan responsif lama. Bila Anda menggunakan kode iklan tautan responsif baru, parameter tersebut sudah otomatis ada di dalam kode iklan.

Baca artikel Parameter data-full-width-responsive Di Iklan AdSense Responsif

Kelebihan atau keuntungan menggunakan unit iklan tautan AdSense

4. Bisa menentukan jumlah baris tautan teks.

Secara default, iklan tautan responsif menampilkan dua baris tautan teks di komputer dan tablet dan empat baris tautan teks di handphone dalam posisi potret (tegak). Namun dengan iklan tautan responsif, Anda dapat menentukan jumlah baris tautan teks sesuai yang diinginkan. Cukup banyak blog yang memasang iklan tautan AdSense dengan lima baris tautan teks sebagaimana gambar dibawah ini.

Kelebihan atau keuntungan menggunakan unit iklan tautan AdSense

Ada kalanya publisher AdSense ingin menampilkan tautan teks lebih banyak lagi di satu unit iklan tautan. Untuk maksud ini, Anda dapat mengubah kode iklan tautan responsif namun harus sesuai dengan perubahan yang bisa diterima Google AdSense. Contoh kode iklan AdSense di bawah ini menampilkan 3 baris tautan teks di komputer dan tablet (ukuran layar >= 500px) dan 5 baris tautan teks di perangkat handphone dalam mode potret (ukuran layar < 500px).

Baca artikel Membuat Iklan Tautan AdSense Menjadi Banyak

Kelebihan atau keuntungan menggunakan unit iklan tautan AdSense

5. Untuk menghindari klik iklan tidak sengaja.

Salah satu penempatan iklan AdSense yang dilarang adalah menempatkan iklan AdSense di bawah menu drop-down (menu tarik turun). Sampai sekarang, kebijakan penempatan iklan AdSense tetap melarang ini. Penempatan iklan seperti ini dapat mendorong klik iklan tanpa sengaja ketika visitor bermaksud mengklik submenu yang tepat berada di atas iklan AdSense.

Dengan mengganti iklan billboard atau spanduk yang biasa dipasang tepat di bawah menu drop-down dan untuk menghindari terjadinya klik iklan AdSense tanpa sengaja, Anda dapat memasang iklan tautan responsif AdSense. Ini masih sebatas hipotesa. Bila terjadi klik di tautan teks dari unit iklan tautan responsif, mungkin bisa dianggap tidak termasuk ke dalam klik iklan tanpa sengaja karena tautan teks bukan iklan yang sebenarnya.

Baca artikel Mencegah Klik Iklan AdSense Dengan Google Publisher Toolbar

6. Meningkatkan CTR AdSense.

Memasang unit iklan tautan AdSense dapat meningkatkan CTR AdSense. Ini salah satu cara untuk meninggkatkan CTR AdSense. Ini yang penulis alami sendiri dan ini pula yang banyak disarankan oleh publisher AdSense. Untuk mendapatkan performa yang terbaik, tempatkan unit iklan tautan responsif AdSense di posisi paro atas atau lipatan atas laman (above the fold).

Baca artikel Faktor Yang Mempengaruhi RKT (Rasio Klik-Tayang) AdSense

Memasang unit iklan tautan AdSense di bagian paro atas terbukti dapat menigkatkan CTR AdSense. Banyak publisher AdSense yang secara implisit menyatakan ini. Memang ada cukup banyak faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya CTR AdSense. Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi CTR AdSense, Anda dapat mengupayakan langkah pengoptimalan untuk menaikkan CTR AdSense tersebut.

SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It