Banyak publisher AdSense yang mengeluhkan ketidakrelevanan iklan AdSense yang muncul di blog mereka. Mereka beranggapan bahwa iklan yang tidak relevan dengan konten blog yang menjadi penyebab rasio klik tayang (RKT atau CTR) AdSense yang rendah dan biaya klik iklan (BPK atau CPC) Adsense yang kecil. CTR Adsense yang rendah dan CPC AdSense yang kecil dianggap sebagai faktor utama penghasilan (earning) dari AdSense tidak maksimal.

Ketidakrelevanan iklan AdSense yang muncul pada konten blog sebenarnya dirasakan hampir semua publisher AdSense. Publisher AdSense menyadari bahwa konten blog memegang peran penting dalam menentukan relevansi iklan yang muncul. Publisher AdSense juga mengerti bahwa konten blog akan dirayapi perayap Google AdSense untuk menentukan tema konten guna menampilkan iklan AdSense yang relevan.

Baca artikel:

Upaya dengan menyediakan konten blog yang berkualitas dan sarat informasi bertarget sering tidak membuahkan hasil. Iklan AdSense yang muncul masih sering tidak relevan. Hal ini terus dikeluhkan banyak publisher AdSense meskipun telah melakukan upaya yang maksimal. Sebenarnya, ada pengaturan di akun Google AdSense sendiri yang ikut andil menampilkan iklan AdSense yang tidak revelan dengan konten blog.

Baca artikel: Pentingnya Konten Untuk Relevansi Iklan Dan Penghasilan AdSense

Pengaturan di akun Google AdSense yang dimaksud adalah iklan AdSense berbasis minat (users' interests) dan demografi (demographics) atau disebut dengan iklan AdSense yang dipersonalisi. Secara standar, pengaturan iklan AdSense berbasis minat dan demografi ini diaktifkan. Iklan yang ditampilkan adalah iklan berdasarkan kategori minat dan demografi yang dikumpulkan dan disimpan ketika Anda menggunakan web browser.

Memblokir atau menonaktifkan iklan berbasis minat dan demografi akan memunculkan iklan yang lebih relevan dengan konten blog meskipun tidak secara keseluruhan karena sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi relevansi kemunculan iklan AdSense. Namun demikian, ini dapat mengurangi atau membatasi kemunculan iklan AdSense yang tidak relevan konten.

Untuk memblokir atau menonaktifkan iklan berbasis minat dan demografi, masuk terlebih dahulu ke akun Google AdSense Anda, klik Allow & block ads (1) dan kemudian pilih All my sites (2).

Memblokir iklan AdSense berbasis minat dan demografi

Di area sebelah kanan, pastikan Anda berada di tab Ad serving (1) dan kemudian klik switch button (tombol alih) sebelah kanan untuk memblokir atau menonaktifkan iklan AdSense berbasis minat dan demografi.

Memblokir iklan AdSense berbasis minat dan demografi

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It