Cara meningkatkan skor page authority
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

SEO (Search Engine Optimization) adalah proses yang kompleks dan tidak mudah. Ada banyak faktor yang mempengaruhi dan perlu mendapat perhatian agar optimasi mesin telusur bisa berhasil sehingga peringkat halaman web menjadi lebih baik dan visibilitasnya meningkat. Halaman web yang dioptimasi dengan baik diharapkan muncul di halaman pertama dan di posisi atas hasil pencarian (SERP) sehingga memiliki peluang lebih besar untuk diklik dan dikunjungi.

Bagaimana cara mengetahui halaman web telah dioptimasi dengan baik? Anda dapat menggunakan metrik SEO untuk mengetahui seberapa baik halaman web telah dioptimasi. Salah satu metrik yang sebelumnya banyak digunakan adalah PageRank (PR) oleh Google. Namun, PageRank sudah tidak tersedia lagi untuk publik. Metrik SEO lain yang dapat digunakan dan dianggap sebagai pengganti PageRank adalah Page Authority (otoritas halaman) oleh Moz.

Anda yang lama mendalami SEO tentu mengenal apa itu Page Authority (PA). Page Authority adalah skor yang memprediksi seberapa baik peringkat halaman web tertentu di SERP. Page Authority dikembangkan oleh Moz dan merupakan skor antara 1 - 100. Page Authority menggunakan data yang sama dengan Domain Authority (DA) dengan perbedaan Page Authority memprediksi pada level halaman, sedangkan Domain Authority pada level Domain.

Page Authority adalah ukuran komparatif, bukan ukuran absolut sehingga tidak tepat mengatakan ada skor Page Authority yang baik atau buruk. Skor Page Authority lebih tinggi memberi gambaran bahwa halaman tersebut memiliki kekuatan atau profil link penting lebih banyak jika dibandingkan dengan lainnya. Dengan demikian, skor Page Authority sebenarnya adalah relatif.

Skor Page Authority memiliki nilai penting untuk mereka yang mengoptimasi halaman web agar memiliki peringkat lebih baik sehingga visibilitasnya meningkat, misalnya blogger atau pelaku bisnis yang ingin membangun sistem koheren untuk memenangkan persaingan. Mereka bisa melakukan banyak cara optimasi, salah satunya dengan membangun link, baik internal link maupun backlink.

Ada banyak faktor yang menentukan peringkat halaman web. Setiap faktor yang diperhitungkan dapat mempengaruhi skor. Anda tidak dapat secara langsung mempengaruhi skor. Namun, ada beberapa (5) cara untuk meningkatkan Page Authority secara signifikan:

1. Membangun link ke halaman yang dioptimasi.

Anda dapat membangun link ke halaman yang dioptimasi melalui internal link dan juga backlink. Membangun link (link building) terjadi pada tingkat halaman (web page) dan ini seharusnya yang menjadi fokus Anda. Karena Page Authority memprediksi seberapa baik peringkat halaman web tertentu di hasil pencarian (SERP), maka membangun link langsung ke halaman yang dioptimasi adalah sangat penting.

Baca artikel:

Setiap link, baik di website yang sama (internal link) maupun di website berbeda (backlink) dianggap sebagai suara (vote) untuk halaman yang dioptimasi. Vote ini menandakan bahwa halaman tersebut penting dan bernilai untuk halaman lain. Link juga dapat mengarahkan trafik visitor ke halaman yang dioptimasi bila berasal dari halaman yang memiliki banyak pengunjung. Halaman dengan banyak pengunjung menjadi salah satu sinyal baik untuk mesin telusur.

2. Mendistribusikan link juice ke halaman yang dioptimasi.

Apa itu link juice? Link juice atau link equity adalah nilai SEO yang diteruskan atau ditransfer dari halaman web satu ke halaman web lainnya. Link juice ini menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi posisi peringkat halaman web di hasil pencarian mesin telusur (SERP). Anda dapat meneruskan atau mentransfer link juice (nilai SEO) ke halaman yang dioptimasi melalui internal link dan juga backlink.

Agar halaman web yang dioptimasi menerima banyak link juice, pastikan bahwa internal link dan backlink berasal dari halaman web yang memiliki skor Page Authority lebih tinggi, bernilai dofollow dan memiliki topik relevan. Relevansi topik dapat mendorong penguatan sinyal lainnya seperti waktu lebih lama dihabiskan di website, menurunkan rasio pentalan (bounce rate), menambah jumlah pageviews dan sebagainya.

3. Membuat konten berkualitas.

Content is King. Ungkapan ini tidak salah. Konten adalah alasan visitor mengunjungi blog atau website. Karena itu, Anda perlu menyajikan konten berkualitas untuk visitor. Konten seharusnya merupakan ulasan topik yang mendalam dan komprehensif artinya menyangkut setiap sudut topik yang ada. Konten yang demikian dapat memiliki peluang pemeringkatan yang lebih baik.

Konten yang berkualitas dapat memberi pengalaman pengguna yang lebih baik. Konten berkualitas juga dapat menghasilkan backlink natural karena orang akan dengan sukarela menjadikannya sebagai rujukan. Konten teks hendaknya dalam jumlah yang memadai. Banyak orang mencoba menentukan berapa jumlah kata ideal agar konten dapat diberi peringkat lebih baik. Sebagian memperkirakan 1200 kata, sebagian lagi 1500 kata dan yang lain 1600 kata.

4. Membangun Domain Authority (DA).

Domain Authority (otoritas domain) dan Page Authority adalah dua metrik yang dikembangkan oleh Moz dengan penekanan yang berbeda. Page Authority memprediksi peringkat pada level halaman web, sedangkan Domain Authority pada level domain. Hal ini berlaku khususnya untuk Page Authority bahwa ketika Anda membangun Domain Authority secara keseluruhan, Page Authority secara otomatis juga ikut meningkat.

5. Menghapus tautan berbahaya.

Tautan spam dan tautan yang tidak berkualitas dapat menurunkan peringkat atau otoritas halaman (page authority) dan bahkan pinalti dari Google. Tautan berbahaya seperti ini bisa saja mengarah ke halaman yang Anda optimasi dan dapat merusak atau membuat tidak berguna tautan berkualitas yang ada. Anda dapat memeriksa secara khusus tautan dengan anchor text yang tidak relevan atau link dari situs terlarang seperti situs perjudian dan lainnya.

Anda juga dapat melakukan audit tautan (link audit) secara berkala dengan mengidentifikasi tautan menggunakan tool seperti Meet Link Explorer, Majestik SEO dan Google Search Console. Untuk menghapus tautan berbahaya, hubungi webmaster atau admin website dari mana tautan tersebut berasal dan dengan sopan meminta untuk dihapus atau Anda dapat menggunakan tool disavow Google untuk menghapus tautan berbahaya tersebut dari profil tautan Anda.