Gmail sebagai salah satu layanan email gratis terus melakukan inovasi dengan menambah fitur-fitur baru. Salah satu fitur barunya adalah Inbox Gmail yang terdiri dari lima tab yaitu Primary, Social, Promotions, Updates dan Forums (secara standar, hanya tiga tab yang ditampilkan yaitu Primary, Social dan Promotions). Tab-tab tersebut bertindak sebagai penyaring (filter) untuk pesan-pesan yang masuk ke inbox. Namun demikian, Anda juga dapat dengan mudah memindahkan pesan tertentu dari satu tab ke tab lainnya.

Mengaktifkan atau menonaktifkan tab-tab di inbox Gmail

Selanjutnya apa manfaat dari tab-tab di inbox Gmail tersebut? Anda dapat membayangkan seandainya menerima banyak jenis pesan, masuk dan menumpuk di inbox. Tentu Anda akan kesulitan untuk memilah pesan tersebut sesuai jenisnya. Dengan adanya tab-tab inbox, Gmail akan mendeteksi dan menyaring secara otomatis pesan (email) di inbox untuk masuk ke tab yang relevan.

Sebuah pesan akan berada di tab Primary jika pesan tersebut tidak dapat ditempatkan di tab lainnya. Tab-tab inbox Gmail dapat dikonfigurasi sesuai keinginan. Anda dapat menentukan sendiri tab-tab yang ingin diaktifkan dan yang tidak (kecuali tab Primary). Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tab-tab inbox Gmail:

Masuk terlebih dahulu ke akun Gmail Anda, klik ikon gear kecil (small gear) yang berada di sudut kanan atas untuk menampilkan daftar menu dan kemudian pilih menu Configure inbox untuk menampilkan kotak dialog.

Mengaktifkan atau menonaktifkan tab-tab di inbox Gmail

Beri tanda centang di kotak centang (check box) untuk mengaktifkan tab atau hilangkan tanda centang dari kotak centang untuk menonaktifkan tab. Di contoh ini, tanda centang di kotak centang dari tab Promotions dihilangkan, sedangkan kotak centang di tab Updates diberi tanda centang. Klik tombol Save untuk menyimpan perubahan yang dilakukan.

Mengaktifkan atau menonaktifkan tab-tab di inbox Gmail

Sekarang tab aktif di inbox Gmail telah berubah menjadi Primary, Social dan Updates.

Mengaktifkan atau menonaktifkan tab-tab di inbox Gmail

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It