GMail, siapa yang tidak tahu atau bahkan tidak menggunakan layanan email ini. Layanan email gratis dari Google ini mempunyai pengguna paling banyak untuk saat ini. Meskipun ada banyak layanan email gratis yang lain, GMail masih tetap menjadi yang terfavorit. Bila Anda salah satu pengguna layanan GMail, Anda tentu sudah sangat mengenal antarmuka GMail yang cukup sederhana dan juga cara membuat pesan di GMail.

Ketika Anda mengklik tombol merah COMPOSE yang terletak di posisi kiri atas untuk membuat pesan GMail, Anda sudah menduga akan muncul kotak pesan GMail di posisi kanan bawah. Bila diperhatikan, ukuran kotak pesan tersebut kira-kira sepertiga ukuran layar. Bagi sebagaian orang, membuat pesan GMail yang panjang di kotak pesan yang berukuran kecil agak menyulitkan.

Bagaimana seandainya Anda membuat pesan GMail yang agak panjang. Sebagian pesan yang Anda telah tulis tidak akan kelihatan karena kotak pesan tidak cukup menampung. Ini akan menyulitkan Anda ketika mengkoreksi pesan sebelum dikirim. Anda harus menggunakan bilah penggulung yang ada di sebelah kanan untuk menampilkan pesan tersembunyi untuk dikoreksi.

Lalu mengapa Google membuat kotak pesan GMail dengan ukuran yang demikian? Mungkin saja Google berfikir bahwa ketika Anda sedang membuat pesan GMail, Anda juga dapat melihat daftar email yang masuk ke akun GMail. Namun, Anda tidak perlu kawatir. Ukuran kotak pesan GMail tidaklah tetap. Bila diinginkan, Anda dapat merubah ukurannya dengan mudah. Google sendiri telah memberikan perubahan besar pada kotak pesan GMail ini.

Untuk membuat kotak pesan GMail menjadi tampil penuh (full screen), ada beberapa cara yang dapat dilakukan, termasuk di sini menggunakan bantuan tombol keyboard. Bila Anda ingin kotak pesan GMail selalu tampil penuh, Anda juga dapat mengatur tampilan penuh (full screen) tersebut menjadi standar (default). Berikut ini adalah beberapa cara merubah ukuran standart kotak pesan GMail menjadi tampil penuh (full screen):

Masuk ke akun GMail Anda dan kemudian klik tombol merah COMPOSE.

Merubah ukuran kotak pesan GMail menjadi tampil penuh (full screen)

Kotak pembuatan pesan GMail muncul di posisi kanan bawah dengan ukuran standar. Untuk memperbesar otak pembuatan pesan GMail ini, klik tombol Full-screen (Shift for Pop-out).

Merubah ukuran kotak pesan GMail menjadi tampil penuh (full screen)

Gambar di bawah ini adalah tampilan (full screen) penuh dari kotak pembuatan pesang GMail.

Merubah ukuran kotak pesan GMail menjadi tampil penuh (full screen)

Untuk menjadikan kotak pesan GMail ini selalu tampil penuh (full screen), klik tombol More options (2) dan kemudian pilih Default to full-screen (2).

Merubah ukuran kotak pesan GMail menjadi tampil penuh (full screen)

Selain cara di atas, Anda dapat menggunakan bantuan tombol keyboard dengan menekan dan menahan tombol Shift dan kemudian mengklik tombol merah COMPOSE. Cara ini akan membuka kotak pesan GMail di jendela baru browser sebagaimana gambar di bawah ini.

Merubah ukuran kotak pesan GMail menjadi tampil penuh (full screen)

Cara lain lagi menggunakan bantuan tombol keyboard adalah dengan menekan dan menahan tombol Ctrl dan kemudian mengklik tombol merah COMPOSE. Cara ini akan membuka kotak pesan GMail di tab baru browser sebagaimana gambar di bawah ini.

Merubah ukuran kotak pesan GMail menjadi tampil penuh (full screen)

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It