Ketika Anda membuat akun email baru di Gmail, Anda mungkin akan mengisi profil akun dengan nama lengkap yang sebenarnya. Jika Anda kemudian menggunakan akun Gmail untuk mengirim email, nama lengkap Anda akan ditampilkan di field From: dari header email sebagai identitas pengirim email. Sebagian orang tidak mempermasalahkan ini dan justru menganggap baik untuk alasan kejelasan karena belum tentu akun email dibuat menggunakan nama sebenarnya atau mungkin tidak bisa dibuat menggunakan nama karena sudah dipakai orang lain.

Tidak sedikit orang yang berkeinginan untuk merubah nama lengkap sebagai identitas pengirim email karena alasan privasi dan hanya ingin menggunakan nama depan atau nama belakangnya saja. Sebagian yang lain ingin merubah keseluruhan dan mengganti dengan nama samaran yang terkadang sengaja dibuat agak aneh. Untuk sesuatu yang resmi dan pasti, hendaknya Anda tetap menggunakan nama yang sebenarnya agar penerima email langsung mengetahui dari mana email tersebut datang.

Gmail merupakan email gratis yang menawarkan opsi penyesuaian (customization) yang sangat bagus apabila dibandingkan dengan email gratis lainnya termasuk penyesuaian untuk merubah nama Anda sebagai identitas pengirim email. Anda dapat melakukan perubahan dengan sangat mudah melalui pengaturan Gmail. Bila Anda ingin merubah nama sebagai identitas pengirim email di Gmail, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Buka akun Gmail Anda. Di sebelah kanan atas, klik tombol Setting dengan ikon gear (1) dan kemudian pilih Settings (2).

Merubah nama identitas pengirim email di Gmail

Di laman Settings yang muncul, pastikan Anda berada di tab Accounts and Import (1) dan di bagian Send mail as, klik tautan (link) edit info (2).

Merubah nama identitas pengirim email di Gmail

Di laman Edit Email Address yang muncul, pastikan Anda mengklik atau memilih tombol radia (radio button) di sebelah kiri kotak teks (text box) kosong (1), kemudian isi kotak teks kosong dengan nama yang Anda inginkan (2) dan selanjutnya klik tombol Save Changes (3) untuk menyimpan perubahan.

Merubah nama identitas pengirim email di Gmail

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It