Cara menyisipkan link (tautan) di email Gmail
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

Gmail adalah layanan email gratis dari Google. Gmail telah menjadi salah satu layanan email paling banyak digunakan saat ini. Seperti layanan email lainnya, Gmail juga mudah digunakan. Gmail menyediakan serangkaian opsi pemformatan dan tool untuk membuat email baru. Anda dapat memformat teks, menyertakan file attactment, menambahkan foto atau gambar, menyisipkan link (tautan) atau menambahkan emoji.

Jika Anda membuat email untuk bisnis atau keperluan kantor, Anda mungkin akan menyertakan link di Gmail agar penerima email mengklik link untuk diarahkan ke website atau laman web tertentu. Hal ini wajar karena banyak kegiatan bisnis menggunakan email untuk pemasaran, misalnya link ke laman promosi atau link ke laman berisi daftar layanan yang diberikan.

Baca artikel Menyisipkan Link (Tautan) Di Status Facebook Anda

Menyisipkan link di Gmail adalah hal biasa dan umum. Gmail sendiri memiliki cara yang cukup mudah untuk menyisipkan link. Gmail memiliki proses yang jelas melalui tombol Insert link. Anda tidak dituntut tahu banyak tentang HTML meskipun link Anda di Gmail disimpan di dalam HTML anchor code.

Baca artikel:

Anda cukup menentukan teks yang akan dirubah menjadi link yang dapat diklik, mengklik tombol Insert link dan kemudian menuliskan alamat web atau laman web yang ditaut dengan lengkap. Hanya itu saja dan Anda sudah menyisipkan link di Gmail. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan browser dan kemudian buka laman Gmail Anda. Di sudut kiri atas, klik tombol COMPOSE untuk mebuat email baru.

Cara menyisipkan link (tautan) di Gmail

Buat terlebih dahulu email Anda dengan mengisi alamat penerima email (email address), subyek email dan isi email. Anda dapat melihat contoh email sederhana di bawah ini untuk memberikan gambaran jelas nantinya.

Cara menyisipkan link (tautan) di Gmail

Sorot (blok) bagian teks tertentu yang ingin dijadikan sebagai link yang ketika diklik akan mengarahkan atau membuka laman web yang ditaut (1) dan kemudian klik tombol Insert link (2).

Cara menyisipkan link (tautan) di Gmail

Di kotak dialog Edit Link yang muncul, Anda dapat memperhatikan bahwa teks yang disorot sebelumnya akan ditampilkan secara otomatis di kotak teks (text box) Text to display (1), klik tombol radio (radio button) Web address apabila link yang ditambahkan adalah alamat web (2), ketikkan atau masukkan secara lengkap alamat web (web address) yang ditaut (3) dan kemudian klik tombol OK (4).

Cara menyisipkan link (tautan) di Gmail

Anda dapat melihat teks yang difungsikan sebagai link berubah menjadi warna biru (1). Ketika Anda mengklik link (tautan) ini, maka laman web yang ditaut akan dibuka. Bila Anda sudah merasa cukup, klik tombol Send untuk mengirim email ke penerima (2).

Cara menyisipkan link (tautan) di Gmail