SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

Jika Anda mempunyai akun dari layanan email gratis Microsoft, misalnya hotmail, Anda dapat membukanya dengan dua cara yaitu melalui website outlook.com (outlook.live.com) dan aplikasi dekstop Microsoft Outlook. Untuk bisa membaca email Anda di Microsoft Outlook, Anda perlu mengkonfigurasi terlebih dahulu Microsoft Outlook dengan Outlook.com.

Salah satu tautan (link) di akhir artikel ini menjelaskan bagaimanan cara mengkonfigurasi Microsoft Outlook dengan Outlook.com sehingga Anda dapat membuka email menggunakan aplikasi dekstop ini. Microsoft Outlook memiliki fitur lebih banyak dan fleksibilitas terkait email Anda yang tidak dimiliki versi webmail Outlook.com.

Tidak hanya akun mail Microsoft seperti hotmail, live, msn atau passport, Anda dapat mengkonfigurasi Microsoft Outlook untuk menampilkan email dari akun Gmail, Yahoo! Mail dan sebagainya. Dengan demikian, Microsoft Outlook dapat memiliki atau menampilkan lebih dari satu akun mail.

Secara standar, ketika Anda menjalankan aplikasi Microsoft Outlook, email pertama dari akun mail pertama akan dibuka secara otomatis dan ditampilkan di reading pane (area baca email) di sebelah kanan. Demikian pula ketika Anda mengklik salah satu email, konten email tersebut akan ditampilkan di reading pane di sebelah kanan.

Dalam situasi tertentu, misalnya di tempat umum, Anda mungkin tidak menginginkan konten email dibuka di reading pane (area baca email). Anda munkin lebih menginginkan konten tersebut tetap tersembunyi karena bila tidak, dapat dilihat oleh siapapun yang ada di dekat Anda dengan mudah. Bila konten email tersebut berisi sesuatu yang sangat penting dan rahasia, akan sangat beresiko diketahui atau dicuri.

Microsoft Outlook memiliki fitur untuk menyembunyikan reading pane sehingga konten email tidak ditampilkan. Berikut ini adalah cara untuk menonaktifkan atau menyembunyikan reading pane (area baca email) di Microsoft Outlook 2016:

Jalankan aplikasi Microsoft Outlook 2016, klik salah satu email Anda dan konten dari email tersebut akan ditampilkan di reading pane (area baca email) yang ada di sebelah kanan.

Menonaktifkan reading pane (area baca email) di Microsoft Outlook

Untuk menonaktifkan atau menyembunyikan reading pane (area baca email), pastikan Anda mengklik tab View.

Menonaktifkan reading pane (area baca email) di Microsoft Outlook

Di area sebelah kanan, di bagian layout, klik tombol Reading Pane dan kemudian pilih Off.

Menonaktifkan reading pane (area baca email) di Microsoft Outlook

Sekarang email ditampilkan tanpa reading pane. Untuk membuka email, klik ganda email yang diinginkan dan email akan dibuka di jendela terpisah.

Menonaktifkan reading pane (area baca email) di Microsoft Outlook