Membuat Contact Group Di Gmail Untuk Mengirim Email Ke Banyak Orang Sekaligus

Sebagai seorang yang terjun di dunia bisnis, Anda tentu mempunyai banyak rekan bisnis. Tetap berhubungan dengan mereka dan menambah rekan bisnis baru adalah kunci sukses dalam bisnis. Bisnis selalu terhubung dengan banyak orang dan memiliki kontak mereka seperti email, nomor handphone dan alamat adalah bagian penting yang memperlancar kegiatan bisnis. Di dunia bisnis, tetap berkomunikasi dengan rekanan adalah hal yang perlu.

Ada banyak cara untuk berkomunikasi dengan rekan bisnis seperti bertemu langsung di suatu tempat, melalui panggilan telepon atau berkirim email. Dari ketiga cara tersebut, berikirim email adalah cara yang paling efisien dari segi waktu, biaya dan tenaga. Namun, tergantung kemampuan Anda sebagai pengguna Gmail. Anda mungkin pernah kerepotan mengirim email yang sama ke banyak rekanan.

Baca artikel:

Jika Anda rutin mengirim email yang sama ke banyak orang, mengirim satu-persatu email adalah cara tidak efisien. Jika Anda memasukkan banyak alamat email rekanan terlebih dahulu, ini juga cara yang kurang efisien. Jika Anda perlu mengirim email kembali ke rekanan, Anda harus memasukkan ulang alamat email mereka. Cara terbaik mengirim email ke banyak orang sekaligus di Gmail adalah dengan membuat contact group (grup kontak) atau mailing list.

Baca artikel:

Contact group adalah daftar penerima email yang telah dikelompokkan menjadi satu dan diberi nama. Ketika Anda mengirim email yang sama ke banyak orang sekaligus, Anda hanya perlu memasukkan nama contact group yang telah dibuat. Jika Anda ingin mengirim email lain ke mereka, Anda cukup memasukkan nama contact group. Berikut ini adalah cara membuat contact group di Gmail:

1. Membuat contact group.

Buka aplikasi Gmail Anda, di sebelah kiri atas, klik tanda panah ke bawah yang ada di samping kanan label Gmail (1) dan kemudian pilih Contacts (2).

Membuat contact group di Gmail

Di halaman Google Contacts, di area layar sebelah kiri, klik tautan (link) Create label untuk membuat contact group baru.

Membuat contact group di Gmail

Di area sebelah kanan layar, akan muncul kotak dialog Create label, ketikkan nama contact group yang Anda inginkan, misalnya co-worker (1) dan kemudian klik OK (2).

Membuat contact group di Gmail

Nama contact group "co-worker" Anda telah berhasil dibuat dan ditampilkan di area layar sebelah kiri. Sementara ini, contact group "co-worker" masih kosong dan belum ada daftar kontaknya.

Membuat contact group di Gmail

2. Menambahkan kontak baru ke contact group "co-worker".

Untuk menambahkan kontak baru ke contact group "co-worker", pastikan Anda mengklik nama contact group "co-worker" yang ada di area sebelah kiri layar dan di area sebelah kanan klik tombol Add new contact.

Membuat contact group di Gmail

Dari kotak dialog Create contact yang muncul, isikan data kontak baru Anda. Anda juga dapat menambahkan data lebih rrinci dengan mengklik tautan (link) MORE yang ada di bagian bawah (1). Bila sudah dirasa cukup, klik tombol Save untuk menyimpan data tersebut.

Membuat contact group di Gmail

Sekarang Anda dapat memperhatikan contact group "co-worker" Anda sudah memiliki satu kontak.

Membuat contact group di Gmail

3. Menambahkan kontak dari daftar kontak ke contact group "co-worker".

Selain menambahkan kontak baru ke contact group "co-worker" seperti di atas, Anda juga dapat menambahkan daftar kontak yang sudah ada ke contact group "co-worker". Cara ini lebih cepat karena Anda tidak perlu menginput data dan menambahkan satu-persatu. Untuk menambahkan daftar kontak yang sudah ada ke contact group "co-worker", klik tautan (link) Contacts yang ada di sudut kiri atas. Semua daftar kontak Anda akan ditampilkan.

Membuat contact group di Gmail

Dari daftar kontak Anda, pilih kontak yang ingin Anda tambahkan ke contact group "co-worker" dengan memberi tanda centang di kotak centang yang muncul di sebelah kiri nama kontak.

Membuat contact group di Gmail

Klik tombol Manage labels yang ada di sebelah kanan atas dan kemudian pilih nama contact group "co-worker". klik di area kosong lainnya untuk mulai menambahkan kontak yang telah Anda pilih ke contact group "co-worker".

Membuat contact group di Gmail

Sekarang Anda dapat memperhatikan nama kotak yang telah Anda pilih dari daftar kotak Anda telah ditambahkan ke contact group "co-worker".

Membuat contact group di Gmail

4. Menggunakan contact group "co-worker".

Kini saatnya Anda mencoba menggunakan cotact group yang telah dibuat sebelumnya untuk mengirim email ke banyak orang sekaligus. Klik tombol COMPOSE untuk mulai membuat email baru. Jendela New Message akan ditampilkan di sudut kanan bawah. Di area penerima email berlabel To, ketikkan beberapa huruf awal nama contact group yang telah Anda buat (1). Nama contact group "co-worker" ditampilkan dan kemudian klik (2).

Membuat contact group di Gmail

Daftar kontak yang ada di contact group "co-worker" secara otomatis dimasukkan ke daftar penerima email (recipient) Anda.

Membuat contact group di Gmail
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It