Perbedaan profil, halaman dan grup di Facebook

Facebook adalah layanan jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg. Saat ini, lebih dari setengah penduduk dunia menggunakan Facebook. Facebook sendiri memiliki tiga fitur utama yaitu profil Facebook (Facebook profile), halaman Facebook (Facebook Pages ) dan grup Facebook (Facebook groups). Bila Anda adalah pengguna lama Facebook, apakah Anda tahu perbedaan dari ketiganya?

Ada pengguna Facebook yang memiliki semua fitur tersebut, hanya memiliki profil Facebook saja, memiliki profil Facebook dan halaman Facebook atau memiliki profil Facebook dan grup Facebook. Tentu saja, Facebook tidak membuat fitur-fitur tersebut memiliki kesamaan fungsi dan tujuan. Namun, ketiganya terkait dengan apapun yang memiliki arti penting pada penggunanya dalam kaitan dengan teman, artis, bisnis, organisi, merek, minat dan sebagainya.

Lalu apa sebenarnya perbedaan antara profil, halaman dan grup di Facebook? Ini tentunya juga menjadi pertanyaan banyak pengguna Facebook yang sampai saat ini masih bingung. Berikut ini adalah penjelasan terkait perbedaan antara profil, halaman dan grup di Facebook:

1. Profil Facebook.

Profil Facebook (Facebook Profile) adalah akun personal atau pribadi yang dibuat secara default saat Anda pertama kali mendaftar. Profil Facebook adalah halaman personal yang memberi ringkasan (summary) tetang Anda seperti asal sekolah Anda, tempat kerja Anda, tempat tinggal Anda, status Anda dan juga informasi-informasi dasar lainnya tentang Anda.

Perbedaan antara profil, halaman dan grup di Facebook

Di profil Facebook, Anda juga mengelola daftar teman, berbagi status, foto dan video, memposting komentar, membuat atau menyukai halaman (Facebook pages), membuat atau bergabung dengan grup (Facebook groups) dan lain sebagainya. Profil Facebook dimaksudkan sebagai representasi dari Anda sebagai individu. Semakin banyak informasi yang Anda sediakan pada profil Facebook, akan semakin mudah bagi orang lain mengetahui siapa Anda.

Baca artikel Menghapus Profil Facebook Dari Pencarian Search Engine

2. Halaman Facebook.

Untuk membuat halaman Facebook (Facebook Pages) atau untuk membantu mengelola halaman Facebook, Anda harus memiliki profil Facebook. Halaman Facebook didesain sebagai halaman resmi (official page) bagi suatu entitas publik seperti pelaku bisnis, organisasi, artis atau public figure, tokoh publik, merek dan lain sebagainya. Halaman Facebook digunakan untuk menegaskan kehadiran atau keberadaan entitas-entitas tersebut di Facebook.

Perbedaan antara profil, halaman dan grup di Facebook

Sukai halaman Facebook dari blog topikit ini untuk mendapatkan update artikel terbaru.

Halaman Facebook bersifat publik untuk semua orang di Facebook. Ketika Anda menyukai halaman Facebook, Anda akan menerima update dari halaman tersebut di beranda Anda. Ketika membuat halaman Facebook, Anda perlu menentukan kategori untuk halaman Facebook. Halaman Facebook memiliki beberapa kategori seperti bisnis lokal, perusahaan, organisasi atau institusi, merek atau produk, brand, tokoh publik dan tujuan atau komunitas.

3. Grup Facebook.

Sebagaimana halaman Facebook (Facebook pages), untuk membuat grup Facebook (Facebook groups) atau untuk membantu mengelola grup Facebook, Anda harus memiliki profil Facebook. Grup Facebook didesain sebagai ruang yang bisa digunakan untuk membahas minat yang sama. Grup Facebook mempersilahkan pengguna Facebook untuk datang bersama-sama dan berbagi konten terkait dengan minat yang sama tersebut.

Perbedaan antara profil, halaman dan grup di Facebook

Mau bergabung dengan grup Facebook yang membahas tentang platform Blogger dan CMS (Content Managemen System) seperti WordPress dan Joomla, silahkan bergabung dengan grup Facebook CMS Indonesia.

Anda bisa membuat grup Facebook untuk minat apa saja, misalnya grup yang khusus membahas CMS (Content Management System), grup reuni keluarga, grup penyuka MotoGP, grup penyuka Liga Inggris dan lain sebagainya. Bila Anda membuat grup Facebook, Anda dapat memutuskan apakah grup akan tersedia secara public sehingga setiap pengguna Facebook dapat bergabung, apakah perlu persetujuan dari Admin grup untuk bergabung atau menjadikan grup tersebut private dengan anggota melalui undangan.

4. Kapan Anda perlu profil, halaman atau grup Facebook.

Jika Anda ingin melakukan segala sesuatu di Facebook, Anda perlu profil Facebook. Profil Facebook secara otomatis dibuat ketika Anda mendaftar Facebook. Profil Facebook diperlukan untuk membuat halaman Facebook atau grup Facebook. Jika Anda ingin lebih menampilkan bisnis, organisasi atau merek di facebook, Anda perlu membuat halaman Facebook. Jika Anda ingin membuat wadah untuk komunitas tertentu di Facebook, Anda perlu membuat grup Facebook.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It