Email bisa terus berdatangan dan masuk ke akun Gmail Anda. Namun bagaimana bila Anda hanya mempunyai waktu terbatas untuk membaca email yang masuk? Anda mungkin akan mencari email tertentu dan membaca yang dianggap perlu dan mendesak, membiarkan sebagian besar email lainnya.

Hari-hari berikutnya Anda melakukan hal yang sama, membaca yang dianggap perlu dan melawati yang lainnya. Email terus berdatangan, antara yang sudah dan yang belum dibaca bercampur dan tersusun acak.

Ini tentu merepotkan ketika suatu saat Anda mempunyai waktu luang dan ingin membaca email yang belum sempat dibaca sebelumnya. Anda harus memeriksa email-email yang belum dibaca diantara email-email yang sudah dibaca atau sebaliknya, memeriksa email-email yang sudah dibaca diantara email-email yang belum dibaca.

Jika Anda menghadapi ratusan atau bahkan ribuan email yang sudah dan yang belum dibaca, Anda akan membutuhkan waktu lama untuk menyortir email-email yang belum dibaca saja. Adakah cara termudah untuk menampilkan semua email yang belum dibaca?

Cara menampilkan semua email yang belum dibaca di Gmail

Ada dan Gmail memiliki solusinya. Anda dapat menggunakan fitur pencarian di atas dan memanfaatkan operator pencarian lanjutan di Gmail. Operator pencarian Gmail merupakan simbol atau kata pertanyaan yang melakukan aksi khusus di pencarian Gmail. Operator-operator ini memang digunakan untuk pencarian lanjutan di Gmail.

Dengan memanfaatkan salah satu operator pencarian di Gmail, menampilkan semua email yang belum dibaca dapat dilakukan dengan mudah. Anda juga dapat mempersempit pencarian email dengan menggabungkan beberapa operator pencarian.

Jalankan browser terlebih dahulu dan kemudian buka Gmail Anda. Ketikkan is:unread (tanpa tanda petik) di kotak pencarian yang ada di bagian atas (1). Ketika Anda telah mengetikkan beberapa huruf pertama, saran pencarian (search suggestions) akan menampilkan beberapa opsi yang dapat Anda pilih. Anda juga dapat menggunakan opsi ini dengan memilih is:unread dan kemudian tekan tombol keyboard Enter untuk mendapatkan hasilnya.

Cara menampilkan semua email yang belum dibaca di Gmail

Sekarang Anda dapat memperhatikan semua email yang belum dibaca akan ditampilkan. Bila Anda jarang membaca email masuk, jumlah email yang belum dibaca bisa sangat banyak.

Cara menampilkan semua email yang belum dibaca di Gmail

Bila kemudian Anda ingin memperkecil jumlah email yang belum dibaca dengan memprioritaskan email dari pengirim tertentu, Anda dapat mengkombinasikan is:unread dengan from: di Gmail. Sebagai contoh, ketikkan "is:unread from:indowebsite" untuk menampilkan semua email yang belum dibaca yang berasal dari pengirim indowebsite dan kemudian tekan tombol keyboard Enter untuk mendapatkan hasilnya.

Cara menampilkan semua email yang belum dibaca di Gmail

Sekarang semua email yang belum dibaca yang berasal dari pengirim indowebsite akan ditampilkan. Gmail memiliki cukup banyak operator pencarian lanjutan yang dapat Anda gunakan untuk maksud lain terkait dengan email Gmail.

Cara menampilkan semua email yang belum dibaca di Gmail

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It