Dampak pengaruh warna iklan AdSense pada penghasilan

Banyak blog memasang iklan AdSense menggunakan warna iklan default meskipun Google sendiri juga telah menyediakan beberapa warna lainnya (pre-designed AdSense ad colors) untuk dipilih dan digunakan. Hal ini mungkin karena tampilan atau rupa blog umumnya banyak menggunakan warna latar putih. Penggunaan warna iklan default dianggap sudah cocok atau sesuai dan berkinerja baik.

Namun bila diperhatikan, ada beberapa blog yang memasang iklan AdSense dengan warna di luar warna iklan default atau warna lain yang disediakan Google AdSense. Google memang tidak dapat mengetahui bagaimana tampilan atau rupa sebuah blog. Hanya pemilik blog sendiri yang dapat mengetahui tampilan atau rupa blog sehingga perlu menggunakan warna iklan lain yang dianggap lebih cocok atau sesuai.

Dampak pengaruh warna iklan AdSense pada penghasilan

Bila warna iklan default atau warna lain yang disediakan Google dianggap tidak cocok atau sesuai dengan tampilan atau rupa blog, Penayang (publisher) AdSense juga dapat membuat gaya iklan AdSense sendiri (AdSense ad styles) melalui kontrol yang disediakan. Ada beberapa bagian iklan AdSense yang dapat disesuaikan warnanya yaitu garis batas (1), judul (2), warna latar (3), teks (4) dan URL (5). Anda juga dapat memilih jenis huruf iklan AdSense untuk disesuaikan dengan huruf pada konten blog sehingga bisa lebih menyatu (6).

Dampak pengaruh warna iklan AdSense pada penghasilan

Sebenarnya, apa tujuan dari sebuah blog memasang iklan AdSense menggunakan warna tertentu? Penggunaan warna pada iklan AdSense bertujuan agar iklan lebih mencolok atau lebih terlihat. Iklan AdSense diharapkan mampu menarik perhatian lebih dari visitor blog. Iklan AdSense yang demikian dapat mengurangi kebutaan iklan (ad blindness), tidak dilewati begitu saja dan dapat memperbesar kemungkinan untuk diklik. RKT atau CTR AdSense akan meningkat yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan penghasilan dari AdSense.

Baca artikel:

Google sendiri telah memberi petunjuk bagaimana mendesain gaya iklan AdSense agar menarik perhatian visitor blog. Ada tiga strategi yang disarankan yaitu menyamakan warna latar dan garis batas iklan dengan warna latar blog (blend), menggunakan warna yang sudah ada di blog sebagai warna iklan (complement) dan memilih warna iklan yang berlawanan dengan warna latar blog (contrast).

Memilih warna iklan yang tepat dapat memberi perbedaan antara iklan yang mendapat perhatian lebih dengan iklan yang cenderung diabaikan oleh visitor blog. Sangat penting bereksperimen dengan warna iklan berbeda untuk mendapatkan warna iklan yang tepat untuk dipasang di blog. Warna iklan yang tepat mendorong klik iklan yang lebih banyak sehingga RKT atau CTR menjadi lebih tinggi dan penghasilan menjadi lebih baik.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It