SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

Outlook.com adalah salah satu layanan email gratis berbasis web dari Microsoft. Outlook.com merupakan salah satu email yang banyak digunakan untuk mengelola email Anda secara efisien. Outlook.com memiliki antarmuka (user interface) cukup menarik, lingkungan yang menyenangkan untuk pengguna emailnya dan memiliki opsi pengaturan yang cukup jelas. Ini salah satu layanan email favorit diantara beberapa layanan email gratis lain seperti Gmail dan Yahoo! mail.

Ketika Anda membuat atau menulis email di Outlook.com, ada banyak hal yang bisa Anda sertakan di email seperti file attachment, gambar atau foto, dan juga emoji. Selain itu, Anda juga dapat menyisipkan link (tautan) yang mengarah ke berbagai laman web (web page) seperti media sosial, blog, Youtube dan sebagainya untuk dibagikan kepada penerima email. Di Outlook.com, ketika Anda menyisipkan link di email, akan muncul link preview (pratinjau email) seperti gambar di bawah ini.

Menonaktifkan fitur link preview di webmail Outlook.com

Bila link yang Anda sisipkan adalah link yang mengarah ke blog, link preview yang muncul dapat terdiri dari featured picture, judul artikel, nama domain, dan juga meta discription. Link preview ini bisa untuk memastikan apakah link yang telah disisipkan sudah benar. Tentunya bila link salah, maka link preview tidak akan muncul. Penerima email juga dapat melihat pratinjau sebelum mengklik link lebih lanjut.

Namun tidak semua pengguna Outlook.com menyukai munculnya link preview. Hal ini mungkin disebabkan karena area penulisan email menjadi kurang nyaman dan bisa mengaburkan isi email sebenarnya yang sedang sibuat. Bagusnya, Outlook.com memberikan opsi untuk bisa menonaktifkan link preview bila tidak diinginkan. Bila Anda termasuk salah satu yang lebih menyukai untuk menonaktifkan link preview di Outlook.com, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan browser Anda dan kemudian buka laman Outlook.com, klik tombol dengan ikon gear yang ada di sudut kanan atas untuk membuka menu pengaturan (1) dan kemudian pilih Options yang ada di bagian paling bawah (2).

Menonaktifkan fitur link preview di webmail Outlook.com

Di laman Options yang muncul, pilih Mail yang ada di area sebelah kiri dari layar.

Menonaktifkan fitur link preview di webmail Outlook.com

Gulung slider untuk mengarahkan ke bawah sampai menemukan bagian Layout, klik Link preview (2), hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Preview links in email (2) dan selanjutnya klik tombol Save untuk menyimpan perubahan (3).

Menonaktifkan fitur link preview di webmail Outlook.com