SEO On-Page untuk meningkatkan peringkat halaman web

Apa yang terjadi jika artikel berkualitas tidak dioptimasi untuk mesin telusur? Tentu saja hasilnya tidak akan maksimal. Visibilitas atau kemunculan artikel di hasil penelusuran mesin pencari (SERP) akan berkurang. Mungkin akan muncul di halaman pertama hasil penelusuran, tetapi tidak di posisi atas atau bisa saja muncul di halaman kedua, ketiga dan seterusnya bila kualitas artikel yang bersaing juga sama-sama baik.

Melakukan optimasi mesin telusur (search engine optimization | SEO) menjadi penting. SEO perlu diupayakan untuk meningkatkan rangking dan visibilitas halaman web agar menjadi lebih baik di berbagai mesin pencari (search engines) seperti Google, Bing dan Yahoo. Optimasi mesin telusur dibagi menjadi dua yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Perbedaan dari keduanya adalah terletak pada teknik optimasi.

Optimasi SEO on-page dilakukan di dalam situs (blog atau website) sendiri. Optimasi bisa dilakukan pada bagian kualitas artikel, judul artikel, meta tag (meta description), permanent link, heading tag, internal link, external link dan sebagainya. Optimasi SEO off-page dilakukan dari luar situs dengan membangun backlink yaitu link di situs lain yang mengarah ke situs Anda. Backlink berkualitas juga ikut andil menaikkan peringkat.

Artikel kali ini hanya berfokus pada optimasi SEO on-page. Ada bebecapa cara atau teknik untuk melakukan optimasi dari dalam situs. Ketika membuat artikel baru, Anda bersentuhan langsung dengan faktor-faktor SEO on-page yang perlu dioptimasi. Berikut ini adalah beberapa teknik optimasi SEO on-page yang perlu dilakukan:

1. Judul artikel.

Ada apa dengan judul artikel? Judul artikel harus menarik dan dioptimalkan. Anda dapat meletakkan kata kunci (keyword) di awal judul, bila tidak memungkinkan, Anda dapat meletakkan di manapun di dalam judul. Usahakan untuk tidak mengulangi kata lebih dari sekali di dalam judul karena ini kotra produktif dan menciderai peringkat nantinya. Semakin menarik dan optimal judul, semakin banyak klik dan semakin baik peringkat.

2. Optimalkan struktur permalink.

Permalink atau permanent link adalah alamat web untuk membuka halaman web spesifik. Anda dapat menggunakan permalink untuk membuat URL yang ramah mesin pencari (search engine). Usahakan agar permalink tetap pendek. Gunakan tanda hubung untuk pemisah kata, bukan tanda garis bawah. Pastikan Anda menggunakan huruf kecil semua dan gunakan kata kunci (keyword) tertarget di dalam permalink.

Baca artikel Cara mengoptimalkan Struktur Permalink Untuk Meningkatkan SEO Website

3. Kualitas konten.

Konten menjadi alasan utama visitor mengunjungi situs Anda. Karena itu, buat konten berkualitas, menarik dan padat informasi yang dicari. Usahakan tidak membuat konten yang dangkal atau berkualitas rendah, meskipun digabungkan dengan trik mesin pencari, akan tetap gagal. Konten dangkal membuat visitor tidak mendapat apa-apa dan kecewa. Konten berkualitas, menarik dan padat informasi akan mudah dirayapi oleh spiders atau bots untuk mengidentifikasi tema konten.

4. Optimasi gambar.

Gambar bisa mendatangkan banyak trafik ke situs dari pencarian gambar. Ketika diklik, gambar akan mengarahkan ke halaman web dimana gambar berada. Agar hasilnya bisa maksimal, gambar perlu dioptimasi. Optimasi gambar bisa meliputi beberapa hal seperti ukuran gambar, penggunaan atribut alt, memberi nama pada gambar dan cara penulisannya yang tepat, dimensi gambar dan juga format gambar.

Baca artikel Cara Optimasi Gambar (Image) Blog Untuk SEO

5. Internal link.

Gunakan internal link untuk saling menautkan artikel yang masih relevan. Internal link adalah cara agar visitor bisa betah berlama-lama di situs Anda. Ini dapat menurunkan rasio pentalan (bounce rate) dan merupakan sinyal untuk mesin pencari bahwa artikel bermanfaat. Halaman web dengan peringkat (page rank) baik dapat mentransfer atau meneruskan nilai atau ekuitas yang dimiliki ke halaman lain untuk membantu mendapat peringkat yang lebih baik (link equity atau link juice).

Baca artikel 5 Manfaat Internal Link Untuk Blog Atau Website

6. External link.

Penggunaan external link banyak dihindari karena mengarahkan visitor untuk meninggalkan situs menuju ke situs lain. External link dapat meningkatkan kredibilitas situs bila mengarah ke sumber terpercaya, informatif dan berkualitas tinggi. External link dapat meningkatkan peringkat halaman web bila mengarah ke sumber yang populer dan relevan dari situs yang memiliki otoritas tinggi.

Baca artikel Peran Penting Internal Link Dan External Link Untuk SEO

7. Kecepatan muat laman.

Google pernah menyatakan bahwa algoritma pemeringkatan memasukkan kecepatan muat situs, dan sebagai hasilnya, kecepatan muat laman sebagai salah satu faktor pemeringkatan. Hasil pencarian mesin pencari juga memprioritaskan pada situs yang cepat. Ada berbagai cara yang bisa Anda upayakan agar situs dapat dimuat lebih cepat. Kecepatan muat situs dapat diukur melalui tool seperti Google PageSpeed Insights, GTMetrix atau Pingdom Website Speed Test dan sebagainya.

Baca artikel Beberapa Cara Efektif Mengurangi Waktu Muat Laman Web

8. Tag Meta.

Ada dua meta tag kunci sebelumnya yaitu meta keyword dan meta description. Meta keyword sudah tidak lagi digunakan dan sekarang Anda hanya perlu mengisi meta description. Namun di CMS Joomla, masih ada field (kotak teks) dimana Anda dapat menambahkan meta keyword. Meta keyword tetap diisi, mungkin masih bermanfaat untuk hal lain. Anda perlu menambahkan meta description yang unik dan relevan untuk setiap artikel.

Gunakan kata kunci (keyword) tertarget di dalam meta description, namun sewajarnya dan jangan berlebihan agar tidak dianggap keyword spam. Tulislah meta deskription yang user-friendly, yang dapat dimengerti dan terkait dengan artikel yang dibuat. Meta description ini tidak semata-mata untuk mesin pencari, namun ditujukan juga untuk visitor. Tujuan meta description adalah untuk mencerminkan esensi isi artikel pada poin pentingnya.

Baca artikel Membuat Meta Description Yang Tepat Dan Baik Untuk SEO

9. Tag Heading.

Tag heading, h1 sampai h6, memiliki peran penting di SEO karena berfungsi menyusun tingkatan heading, subheading dan poin penting lainnya. Heading membantu pembaca memahami subyek artikel. Mesin telusur menggunakan heading untuk memahami struktur teks di artikel dengan lebih baik. Menggunakan heading dengan tepat akan membantu orang yang membaca artikel dan turut berkontribusi pada SEO.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It