Pentingnya internal link dan external link untuk SEO
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

Setiap blogger akan berusaha maksimal agar blog yang dikelola mendapatkan SEO terbaik. Berbagai teknik SEO coba diterapkan untuk meningkatkan visibilitas, otoritas dan peringkat yang lebih baik. Dengan SEO yang baik, posisi halaman blog diharapkan naik sehingga muncul di hasil penelusuran mesin pencari, blog bisa menjadi blog otoritas karena konten yang berkualitas dan terpercaya dan peringkat halaman atau blog juga menjadi lebih baik.

Salah satu strategi untuk mendorong SEO yang lebih baik adalah melalui link (tautan). Mesin pencari (search engine) seperti Google menganggap link sebagai suara (vote) bahwa sebuah halaman web berharga dan layak dipromosikan. Pakar SEO mengetahui bahwa link yang berkualitas dan relevan sangat penting untuk mendorong SEO yang lebih baik. Link juga mentransfer nilai atau ekuitas yang dimiliki ke halaman web lain.

1. Internal link dan external link.

Link di sebuah halaman web bisa berupa internal link dan external link. Internal link, disebut juga dengan inbound link, akan mengarahkan visitor ke halaman lain masih di blog atau website yang sama, sedangkan external link, disebut juga dengan outbound link, akan mengarahkan visitor ke halaman yang ada di blog atau website berbeda. Dalam SEO, internal dan external link sama-sama berperan penting bila digunakan secara tepat.

Sebagian blogger menganggap bahwa external link kontra intuitif. Hal ini karena visitor diarahkan ke halaman yang ada di blog atau website lain. External link menyebabkan visitor meninggalkan blog atau website untuk menuju ke blog atau website lain. Banyak blogger yang menghindar untuk menambahkan external link di halaman web karena dapat memperbesar rasio pentalan (bounce rate).

Namun demikian, external link yang menuju ke halaman web dari blog atau website yang memiliki otoritas tinggi dapat meningkatkan kredibilitas blog atau website dimana external link tersebut berasal. Untuk tujuan SEO, external link juga membantu Google untuk mengetahui koten dari halaman web di blog atau website Anda. External link juga bisa meningkatkan peringkat halaman bila menuju ke sumber yang populer dan relevan dari situs yang memilki otoritas tinggi.

2. Pentingnya internal link.

Visitor dapat memanfaatkan internal link untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan akan tetap berada di blog atau website lebih lama. Ini dapat memperkecil rasio pentalan (bounce rate). Internal link juga penting untuk pengalaman pengguna (user experience) yang lebih baik. Visitor tidak harus mencari artikel terkait melalui daftar dari menu navigasi atau kotak pencarian, artikel terkait sudah tersedia melalui internal link di dalam artikel.

Internal link dapat meningkatkan otoritas dan peringkat halaman web. Setiap halaman web dari blog atau website bisa saja memiliki peringkat berbeda. Bila Anda memiliki artikel baru, Anda dapat menambahkan link dari artikel baru ini ke artikel relevan lainnya yang sudah mempunyai peringkat lebih tinggi. Dengan demikian, akan ada transfer nilai (link juice) dari artikel lama ke artikel baru untuk membantu mendapat peringkat lebih baik.

Baca artikel Manfaat Internal Link Untuk Blog Atau Website

3. Pentingnya external link.

Banyak blogger menghindari menambahkan external link pada halaman web mereka. Hal ini karena dapat menyebabkan visitor meninggalkan blog atau website. Anda juga perlu memeriksa external link dalam kurung waktu tertentu apakah link masih aktif atau sudah menjadi broken link. Kualitas dan kuantitas dari external link sangat penting. Menambahkan external link yang mengarah ke sumber terpercaya, informatif dan memiliki kualitas tinggi dapat meningkatkan kredibilitas blog atau website Anda.

Menambahkan external link tidak akan merusak peringkat halaman web sepanjang masih relevan dan menuju ke blog atau website yang memiliki otoritas tinggi. External link akan bernilai bila mengarah ke halaman yang popular dan relevan. External link yang bernilai juga dapat membantu meningkatkan otoritas halaman web dengan menyediakan visitor referensi ke sumber terpercaya, informatif dan berkualitas tinggi.