SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

Anda tentu tidak asing dengan Gmail, layanan email gratis dari Google dan tentunya sudah memiliki akun dari layanan ini. Ketika Anda sudah mulai banyak tergantung dengan layanan Gmail, tentu ada kekawatiran apabila seseorang telah mengetahui password akun Gmail Anda. Ini adalah salah satu alasan mengapa Anda diharuskan untuk mengganti password akun tersebut disamping juga saran agar supaya merubah password dari waktu ke waktu untuk memproteksi keamanan akun Gmail Anda.

Gmail sebenarnya menggunakan kredensial akun Google untuk mengotentikasi dan mempersilahkan Anda masuk (login). Pada dasarnya akun Google adalah sama dengan akun Gmail termasuk dalam hal password-nya. Untuk dapat merubah ke password baru, Anda perlu tahu password saat ini. Jika tidak tahu password Gmail saat ini, Anda masih mungkin untuk dapat merubahnya jika ingat jawaban pertanyaan keamanan yang dibuat pada saat mendaftar. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merubah password saat ini dengan password yang baru:

Masuk terlebih dahulu ke akun Gmail Anda, klik ikon gear kecil (small gear) yang berada di sudut kanan atas untuk menampilkan daftar menu dan kemudian pilih menu Settings untuk menampilkan halaman Settings.

Merubah password akun Gmail

Saat halaman Settings terbuka, Anda akan berada di pengaturan untuk tab General. Sedangkan untuk merubah password akun Gmail, Anda harus berada di tab Accounts and Import.

Merubah password akun Gmail

Untuk mulai merubah password akun Gmail, pilih tab Accounts and Import dan kemudian klik tautan berlabel Change Password.

Merubah password akun Gmail

Masukkan password saat ini dari akun Gmail di kotak teks (text box) berlabel Current password, kemudian masukkan password baru di kotak teks berlabel New Password dan konfirmasi sekali lagi password baru tersebut di kotak teks berlabel Confirm new password. Setelah yakin dengan password yang Anda masukkan, akhiri dengan menekan tombol Change Password.

Merubah password akun Gmail