Manfaat penting dari aktivitas blogging untuk blogger
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

Internet adalah perpustakaan online terbesar di dunia. Di internet, Anda dapat menemukan banyak sekali artikel online dengan tema yang beragam. Artikel online di Internet juga terdiri dari berbagai macam bahasa. Blog tidak sekedar tentang opini, tetapi juga konten yang memuat pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu. Ada jutaan blog online saat ini dengan ratusan sampai puluhan ribu artikel di dalamnya.

Blogger adalah salah satu platform untuk membuat blog. Blogger juga mengacu kepada orang yang menulis artikel online untuk blog. Kegiatan membuat artikel atau postingan online disebut dengan blogging. Seorang blogger berkontribusi ikut menambah jumlah artikel online yang ada di internet. Meskipun banyak artikel online membahas hal sama, namun kedalaman konten dan cara penyajian bisa sangat berbeda.

Untuk orang yang sudah terbiasa menulis dengan tema yang dikuasai, aktivitas blogging bisa sangat mengasikkan, berbeda dengan mereka yang baru memulai aktivitas blogging atau mereka yang awalnya tidak memiliki kebiasaan menulis. Namun ini tidak berarti bahwa mereka yang baru mulai tidak bisa menikmati aktivitas blogging. Ada cukup banyak blogger baru kemudian bisa menikmati aktivitas blogging ini.

Sebenarnya, ada banyak manfaat positif yang bisa diperoleh dari aktivitas blogging bila benar-benar dilakukan dengan serius. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari blogging yang dapat diperoleh blogger:

1. Mengasah kemampuan menulis.

Menuangkan apa yang diketahui ke dalam bentuk tulisan bukan hal mudah. Ada kaidah yang perlu diikuti untuk membuat tulisan yang baik. Anda perlu menggunakan tata bahasa yang baik. Banyak membaca dengan mempelajari sekaligus tata bahasanya dapat membantu Anda membuat tulisan yang lebih baik. Menulis yang baik bukan proses yang instan, perlu waktu dan dilatih secara terus-menerus.

2. Belajar lebih banyak.

Menulis artikel berkualitas tidak semudah membalik telapak tangan. Anda perlu referensi dan sumber yang cukup. Anda perlu banyak membaca terkait dengan topik yang akan ditulis dan juga topik lain yang masih memiliki keterkaitan. Ini untuk memastikan bahwa isi tulisan nantinya benar-benar bernilai. Ini juga memberi peluang kepada Anda belajar banyak tentang banyak topik lain.

3. Informasi dari Anda selalu dinanti.

Artikel yang berkualitas dan sarat dengan informasi yang bermanfaat tentu akan banyak dicari orang. Bila Anda mampu menyajikan artikel yang seperti ini, akan ada pengakuan bahwa Anda adalah pernulis artikel berkualitas. Informasi lain berikutnya dari Anda melalui artikel akan selalu dinanti oleh banyak orang.

4. Mengekspresikan pikiran dan ide.

Artikel tentang tema yang sama bisa uraikan dan disajikan dengan cara yang berbeda. Semua itu tergantung dari pikiran dan ide yang ada pada penulisanya. Tulisan atau artikel adalah cara terbaik untuk mengekspresikan diri Anda sendiri dan membiarkan orang lain mengetahui pikiran dan ide Anda. Anda bebas mengekspresikan melalui kata, gambar, suara dan multimedia lain.

5. Menjadi seorang ahli.

Apakah menjadi seorang ahli perlu pendidikan tinggi? Untuk bidang tertentu diperlukan, namun tidak semua bidang. Bila Anda ingin menguasai teknik SEO, Anda dapat belajar dari banyak sumber. Anda kemudian dapat menuangkan apa yang Anda telah kuasai dalam bentuk tulisan atau artikel online. Anda akan memiliki kredibilitas dan menjadi ahli SEO bila artikel memberi informasi berkualitas, faktual, terkini dan juga solusi.

6. Membantu orang lain.

Banyak orang mencari artikel online di internet untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang muncul atau informasi lengkap yang ingin diketahui. Bila artikel Anda mampu memberikan jawaban atas pertanyaan atau dapat memberikan informasi yang ingin diketahui, Anda sudah membantu banyak orang.

7. Belajar hal-hal teknis.

Blogging tidak hanya dilakukan oleh mereka yang memiliki latar belakang lulusan IT atau komputer, tetapi juga mereka yang sebelumnya awam dengan dunia IT atau komputer. Bila ada keinginan untuk mempublikasikan artikel, mereka perlu belajar salah satu platform membuat blog dan juga dasar-dasar bahasa web seperti HTML dan CSS yang nantinya akan membantu memperlancar publikasi artikel online.

Dengan demikian, mereka dituntut untuk mempelajari hal-hal teknis yang terkait dengan web. Kehadiran platform Blogger dan beberapa CMS seperti Wordpress dan Joomla yang lebih mudah dipelajari oleh mereka yang awam turut memberi andil dalam mewujudkan keinginan untuk bisa mempublikasikan artikel secara online sehingga dapat diakses lebih banyak orang dengan lebih mudah.

8. Meningkatkan kemampuan SEO.

Blogging dan SEO adalah dua hal yang saling terkait. Ada banyak artikel online yang membahas tema yang sama. Anda tentu tidak ingin sia-sia membuat artikel tanpa bisa ditemukan atau diketahui banyak orang karena kalah bersaing dengan artikel lain. Oleh karena itu, Anda perlu memperdalam dan menerapkan SEO agar artikel bisa bersaing, meningkatkan visibilitasnya agar mudah ditemukan oleh siapapun.

9. Mendapatkan pengaruh.

Seorang blogger dapat memiliki banyak pengikut, orang-orang yang menyukai, mempercayai dan menghormati. Untuk semua ini, Anda perlu menjadi seorang blogger yang sukses yang tentu saja tidak akan bisa dicapai dalam sekejap. Jika Anda ingin mendapatkan pengaruh atau ingin menjadi orang penting, aktivitas blogging adalah salah satu cara yang bisa mewujudkannya.

10. Memperluas jaringan.

Artikel online Anda bisa menjadi perhatian banyak orang bila artikel tersebut berkualitas dan sarat dengan informasi. Kredibilitas sebagai penulis artikel berkualitas dapat menghantarkan Anda untuk diundang pada seminar atau ceramah yang terkaitan dengan topik yang Anda kuasai. Keuntungan dari ini adalah jaringan Anda akan menjadi semakin luas.

11. Menambah wawasan.

Setiap penulis artikel harus memiliki wawasan luas, khususnya yang terkait dengan topik artikel yang ditulisnya. Membaca adalah salah satu upaya untuk menambah wawasan. Dengan ini diharapkan bahwa Anda tidak akan kekurangan ide tulisan, tetap produktif menulis artikel dan artikel yang dibuat tetap berbobot dan mempunyai manfaat.

12. Pikiran menjadi lebih fokus.

Blogging atau membuat artikel online juga melatih Anda untuk bisa fokus. Ketika Anda sedang membuat artikel, Anda mencurahkan semua pikiran Anda agar artikel yang dihasilkan bagus. Anda mencoba menghalau hal-hal lain yang muncul untuk bisa menuangkan apapun yang ada di benak Anda ke dalam artikel dan mencoba untuk menyelesaikan artikel tepat waktu.

13. Mendapatkan penghasilan online.

Ini salah satu motivasi banyaknya blogger baru bermunculan. Namun, kenyataannya memang demikian bahwa blogging bisa memberikan penghasilan online. Bila artikel online jumlahnya sudah memadai, Anda dapat mengdaftarkan blog untuk mengikuti program PPC. Salah satu program PPC terbaik adalah Google AdSense. Anda dapat menayangkan iklan Google AdSense di blog dan mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut.