Sebagai pengguna Gmail, Anda tentu sudah mengetahui bahwa semua email yang masuk ke Gmail disaring atau dikelompokkan untuk diletakkan ke dalam tab-tab yang bersesuaian. Secara default, ada tiga tab yang ditampilkan di Gmail yaitu Primary, Social dan Promotions. Sebenarnya, masih ada dua tab lagi yang tidak ditampilkan yaitu Updates dan Forums. Primary adalah tab yang memang harus ada sehingga tidak dapat diatur ulang, sedangkat tab-tab lain bersifat opsional, Anda bisa menampilkan atau menyembunyikan melalui pengaturan Gmail.

Tab Social di Gmail memang dikhususkan untuk layanan media sosial Google seperti Google+ dan Youtube. Ketika Anda aktif di kedua layanan tersebut, akan ada banyak email yang masuk ke tab Social di Gmail ini. Email-email tersebut berasal dari @plus.google.com atau @youtube.com yang memberitahukan bahwa ada seseorang di Google+ telah memposting sesuatu atau ada informasi terkait video Anda yang diunggah ke Youtube dan lain sebagainya.

Artikel menarik lainnya:

Intinya, segala hal yang terkait Anda di kedua layanan Google tersebut akan diberitahukan kepada Anda melalui bentuk email dan dimasukkan ke tab Social ini. Untuk email pribadi, tab Social di Gmail akan lebih cepat penuh dibandingkan dengan tab-tab lainnya. Ketika Anda tidak memiliki waktu cukup untuk membuka Gmail dan pada kesempatan lain membukanya, Anda akan terkejut dengan jumlah email yang masuk di tab Social ini, khususnya dari Google+.

Apakah Anda dapat menghentikan pengiriman email dari layanan Google+ ke Gmail Anda sendiri? Ya, Anda bisa. Anda dapat merubah pengaturan di Google+ agar Google+ tidak mengirimkan update aktifitas Google+ dalam bentuk email ke Gmail. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Buka terlebih dahulu laman Google+ Anda dan kemudian di area layar sebelah kiri, pastikan Anda melihat deretan menu-menu yang tersusun vertikal. Bila Anda tidak melihatnya, klik tombol dengan tiga garis horisontal (1) dan kemudian pilih Settings (2).

Menghentikan pengiriman email dari layanan Google Plus

Di laman Settings yang muncul, pastikan Anda berada di bagian Notifications. Untuk menghentikan pengiriman email oleh Google+ terkait segala update aktifitas di Google+, geser tombol toggle swicth dari kanan (berwarna biru) ke kiri (menjadi warna putih abu-abu) untuk menonaktifkannya.

Menghentikan pengiriman email dari layanan Google Plus

Selain menghentikan pengiriman email dari segala update aktifitas Google+, Anda juga dapat menghentikan pengiriman email oleh Google+ dari update aktifitas tertentu saja. Misalnya, untuk menghentikan pengiriman email dari aktifitas Hangouts, klik anak panah yang ada di sebelah kiri hangouts dan kemudian geser semua tombol toggle swicth terkait aktifitas Hangouts dari kanan ke kiri untuk menonaktifkannya.

Menghentikan pengiriman email dari layanan Google Plus

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It