Google sekarang ini mendukung fasilitas pengaturan yang memusat untuk semua layanannya. Pengaturan memusat ini dapat dilakukan melalui pengaturan akun Google (Google account settings). Setiap perubahan pengaturan untuk fitur tertentu yang dilakukan di Google account, akan berpengaruh pada layanan lainnya. Sebagai contoh, bila Anda merubah bahasa tampilan di pengaturan akun Google, bahasa juga akan digunakan di semua layanan seperti Gmail dan Google+.

Namun masih ada layanan Google seperti Gmail dapat menggunakan pengaturannya sendiri. Bila Anda menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa standar di pengaturan akun Google dan kemudian Anda menentukan bahasa lain di Gmail, misalnya bahasa Melayu, akan ada notifikasi di pengaturan akun Gmail bahwa ada layanan Google lain yang menggunakan bahasa berbeda dan kemudian ada tautan (link) untuk menyeragamkan bahasa sesuai bahasa standar di pengaturan akun Google.

Mungkin sebagai pengguna Google+, Anda masih menggunakan bahasa tampilan asal Google sendiri (bahasa Inggris) atau sudah menggunakan bahasa negara dimana Anda berada. Google sudah mendukung hampir semua bahasa di dunia sebagai bahasa tampilan untuk semua layanannya. Bila Anda menguasai lebih dari satu bahasa, Anda dapat menambahkan bahasa yang Anda kuasai di bagian Language & Input Tools dari Google account settings dan kemudian memilih salah satu sebagai bahasa tampilan standar yang digunakan di semua layanan Google.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa merubah bahasa tampilan Google+ dapat dilakukan melalui pengaturan akun Google. Google+ sendiri telah terkoneksi ke pengaturan akun Google sehingga semakin mudah untuk merubah bahasa tampilan Google+. Setelah Anda menentukan bahasa tampilan untuk Google+, bahasa tampilan ini juga berlaku untuk layanan Google lainnya. Di contoh ini, penulis masih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa tampilan Google+ (dan tentunya juga layanan Google lainnya) dan ingin merubah ke bahasa Indonesia. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Masuk terlebih dahulu ke laman Google+ Anda, di sudut kanan atas, klik gambar atau foto profil Google+ dan kemudian klik tombol My Account.

Merubah bahasa tampilan di Google Plus

Anda akan dibawa ke laman pengaturan akun Google. Di bagian Account preferences, klik tautan (link) Language & Input Tools.

Merubah bahasa tampilan di Google Plus

Di laman Account preferences - Language & Input Tools, Anda dapat memperhatikan beberapa bahasa yang telah Anda tambahkan. Klik salah satu bahasa yang ingin gunakan sebagai bahasa tampilan untuk seluruh layanan Google, misalnya bahasa Indonesia.

Merubah bahasa tampilan di Google Plus

Di laman berikutnya, Language, Anda dapat menambahkan bahasa lain yang mungkin Anda kuasai dengan mengklik tautan (link) ADD ANOTHER LANGUAGE (1), kalau tidak dan ingin langsung mengatur bahasa Indonesia sebagai bahasa tampilan standar, klik tanda panah ke atas untuk memposisikan bahasa Indonesia di bagian Default language (2).

Merubah bahasa tampilan di Google Plus

Sekarang Anda dapat memperhatikan bahasa Indonesia telah dijadikan sebagai bahasa standar (default). Coba Anda kembali membuka Google+ dan Gmail Anda untuk memastikan bahwa kedua layanan Google tersebut telah menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa tampilan.

Merubah bahasa tampilan di Google Plus

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner