Sebagaimana jejaring sosial facebook, Anda juga dapat memposting apapun yang Anda inginkan di Google+. Postingan Anda dapat ditanggapi oleh orang lain dalam bentuk komentar (comments) atau dibagikan ulang (reshares) oleh orang tersebut. Dengan adanya fitur comment dan reshare ini, sudah selayaknya Anda membuat postingan lebih bijak dan berhati-hati.

Jangan sampai postingan Anda dikomentari secara tidak bijak dan berlebihan atau dibagikan ulang ke orang-orang tertentu yang tidak Anda inginkan. Anda perlu ingat, sebagaimana di dunia nyata, banyak juga orang yang tidak bijak atau "kasar" di dunia maya.

Terkadang tidak selalu postingan yang dibuat ingin dikomentari atau dibagikan ulang oleh orang lain karena alasan tertentu. Bila ini yang Anda inginkan, Anda dapat menonaktifkan komentar atau pembagian ulang (reshare). Penonaktifan komentar dan pembagian ulang dapat diatur atau disetel sebelum Anda memposting. Bagusnya lagi, fitur ini melekat pada setiap postingan sehingga Anda dapat menentukan sendiri postingan mana yang komentar dan pembagian ulangnya ingin dinonakifkan dan postingan mana yang tidak.

Menonaktifkan komentar mencegah orang lain memberikan komentar pada postingan Anda. Menonaktifkan pembagian ulang mencegah orang lain membagikan ulang postingan Anda. Ini tentu fitur yang pada saatnya, pada situasi tertentu, sangat diperlukan. Sebelum situasi atau saatnya tiba, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana menggunakan fitur ini. Berikut ini adalah cara bagaimana menonaktifkan komentar dan pembagian ulang di Google+:

Buka laman Google+ Anda, saat terbuka, biasanya Anda sudah berada di laman Home, bila tidak, klik tab atau tautan (link) Home yang ada di area sebelah kiri atas.

Menonaktifkan momentar dan pembagian ulang (reshares) di Google Plus

Di area sebelah kanan atas, klik kotak teks bertulisakan What's new with you?. Tulisan yang ada pada kotak teks Google+ Anda akan berbeda bila Anda menggunakan bahasa berbeda. Di contoh artikel ini penulis kebetulan menggunakan bahasa inggris untuk bahasa tampilan Google+.

Menonaktifkan momentar dan pembagian ulang (reshares) di Google Plus

Akan muncul area pengetikan sendiri dengan beberapa tombol terkait. Ketikkan apapun yang Anda sedang pikirkan dan ingin diposting di Google+. Untuk menonaktifkan komentar dan pembagian ulang pada postingan Anda, klik tombol dengan tiga titik vertikal untuk menampilkan opsi perintah tersebut.

Menonaktifkan momentar dan pembagian ulang (reshares) di Google Plus

Anda dapat menonaktifkan komentar dengan memilih Disable comments (1) dan menonaktifkan pembagian ulang dengan memilih Disable reshares. Apabila semua sudah dianggap cukup, Anda memposting dengan mengklik tombol Post.

Menonaktifkan momentar dan pembagian ulang (reshares) di Google Plus

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It