Pernahkah Anda mengakses akun Facebook menggunakan perangkat milik orang lain? Bila pernah, jangan lupa untuk keluar atau sign out dari akun Facebook bila sudah telah selesai. Tidak sedikit orang melakukan hal yang sama namun lupa untuk sign out ketika menggunakan perangkat orang lain. Orang yang memiliki perangkat yang Anda gunakan dapat memiliki akses ke akun Facebook Anda.

Ini bisa berbahaya bila dikaitkan dengan privasi Anda. Semua data pribadi Anda di akun Facebook dapat diketahui dengan mudah. Lebih berbahaya lagi ketika akun Facebook Anda disalahgunakan untuk hal yang tidak baik. Dampak negatifnya, bukan langsung ke orang tersebut, namun ke Anda sebagai pemilik akun. sebenarnya beresiko menggunakan perangkat orang lain untuk mengakses akun Facebook ketika Anda lupa melakukan sign out setelah selesai.

Anda mungkin menyukai artikel ini:

Sebenarnya Facebook dilengkapi fitur untuk mencatat atau melacak lokasi dimana Anda melakukan login ke akun Facebook. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengetahui perangkat atau browser yang digunakan, tanggal dan waktu Anda mengakses akun serta sesi yang masih aktif. Bila Anda pernah menggunakan Iphone atau Ipad untuk mengakses akun Facebook, nama perangkat akan terdeteksi dan muncul di fitur Facebook ini.

Fitur Facebook sangat berguna. Anda dapat memberikan atensi lebih pada lokasi, perangkat atau browser yang digunakan serta tanggal dan waktu akses akun. Bila Anda tidak memiliki perangkat Iphone atau Ipad atau tidak pernah mengakses menggunakan perangkat tersebut, Anda dapat mengakhiri sesi aktif dari perangkat Iphone atau Ipad agar orang lain yang menggunakan kedua perangkat tersebut tidak dapat mengakses akun Facebook Anda lagi.

Artikel menarik lainnya:

Bila Anda merasa tidak pernah berada di lokasi tertentu untuk mengakses akun Facebook dan Anda mendapati ada sesi yang masih aktif dari lokasi tersebut, Anda dapat mengakhiri sesi yang masih aktif. Dengan demikian, orang lain yang pernah mengakses akun Anda dari lokasi tersebut perlu melakukan login kembali. Ini menandakan bahwa ada orang lain pernah mengakses akun Facebook Anda. Anda perlu sesegera mungkin mengganti password akun Facebook.

Yang terbaik dari semuanya adalah Anda mengakhiri semua sesi yang masih aktif yang telah lama dimulai. Mungkin diantara sesi tersebut ada sesi ketika Anda menggunakan perangkat orang lain namun lupa sign out dari akun Facebook. Anda juga perlu secepatnya mengganti password akun Facebook untuk membentengi kembali dari orang lain yang ingin masuk ke akun Facebook Anda. Untuk menggunakan fitur ini, berikut adalah caranya:

Jalankan browser dan buka Facebook Anda. Klik tombol anak panah ke bawah yang berada di samping kanan tombol Quick Help (1) dan kemudian pilih Settings (2).

Keluar (sign out) dari Facebook yang pernah dibuka di perangkat lain

Di laman settings yang muncul, klik tab Security untuk menampilkan Security Settings.

Keluar (sign out) dari Facebook yang pernah dibuka di perangkat lain

Di area Security Settings, pastikan Anda berada di bagian Where You'are Logged In dan kemudian klik tautan (link) Edit.

Keluar (sign out) dari Facebook yang pernah dibuka di perangkat lain

Sekarang Anda dapat memperhatikan perangkat atau browser yang digunakan untuk masuk ke akun Facebook Anda. Anda juga dapat memperhatikan sesi yang masih aktif dari perangkat atau browser yang digunakan. Anda dapat mengakhiri sesi yang masih aktif satu persatu atau secara keseluruhan. Untuk mengakhiri semua sesi aktif, klik tautan End All Activity (1). Untuk mengakhiri sesi aktif tertentu, klik misalnya tautan End Activity (2) pada header Mobile Browser (1). Bila sudah selesai dan ingin menutup laman fitur ini, klik tombol Close (3).

Keluar (sign out) dari Facebook yang pernah dibuka di perangkat lain

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It