Gmail adalah saah satu layanan email gratis dari Google. Meskipun ada banyak layanan email gratis dari berbagai provider berbeda seperti Yahoo! Mail dan Outlook.com, Gmail masih menjadi yang paling dominan digunakan sampai saat ini. Hampir dipastikan bahwa setiap orang bisa memiliki beberapa akun email gratis dari provider berbeda. Bila Anda salah satunya, Anda sudah dapat membandinkan layanan email gratis mana yang memiliki fitur paling memenuhi harapan Anda.

Saat menggunakan Gmail, terkadang hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Ketika membuat email dengan Gmail, Anda mungkin salah mengetik nama orang, Anda mungkin menggunakan bahasa yang kurang tepat, Anda mungkin lupa file attactment dan lain sebagainya, namun Anda sudah terlanjur mengklik tombol Send. Email Anda langsung terkirim ke penerima tanpa bisa dibatalkan atau ditunda sementara waktu. Yang lebih menjengkelkan lagi adalah bahwa Anda menyadari ini semua setelah beberapa detik Anda mengklik tombol Send.

Artikel menarik lainnya:

Gmail sebenarnya memiliki fitur Undo untuk menunda pengiriman email. Tombol Undo ini akan muncul beberapa saat saja (maksimal 30 detik) dan selama rentang waktu ini, Anda dapat mengklik untuk menunda pengiriman email. Secara standar, tombol Undo ini dinonaktifkan di Gmail. Anda dapat merubah pengaturan untuk mengaktifkan tombol Undo, menentukan berapa lama tombol Undo ditampilkan agar memiliki kesempatan menunda pengiriman email.

Baca arikelMembuat Contact Group Di Gmail, Cara Efisien Mengirim Email Ke Banyak Orang Sekaligus

Opsi lamanya tombol Undo ditampilkan yang tersedia saat ini adalah 5, 10, 20 dan 30 seconds (detik). Bila Anda sering melakukan kesalahan atau mungkin sering lupa, dianjurkan untuk memilih opsi paling maksimal yaitu 30 seconds (detik). Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan tombol Undo di Gmail:

Buka Gmail Anda terlebih dahulu. Di laman Gmail sebelah kanan atas, klik tombol Setting dengan ikon gear (1) dan kemudian pilih Settings (2).

Mengaktifkan tombol Undo di gmail

Di laman Settings yang muncul, pastikan Anda berada di tab General (1) dan di bagian Undo Send, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Enable Undo Send (2) dan kemudian pilih periode waktu penundaan pengiriman email (3).

Mengaktifkan tombol Undo di gmail

Di bagian laman paling bawah, klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan.

Mengaktifkan tombol Undo di gmail

Untuk mencoba menggunakan tombol Undo, buat email apa saja di Gmail dan kemudian klik tombol Send yang ada di sudut kiri bawah.

Mengaktifkan tombol Undo di gmail

Anda dapat memperhatikan di bagian atas laman Gmail, akan muncul tombol Undo yang dapat Anda klik untuk membatalkan pengiriman email. Tombol Undo ini akan muncul selama periode waktu yang telah Anda tentukan sebelumnya. Namun bila Anda berpindah ke tab lain dari laman Gmail, tombol Undo seketika itu juga hilang.

Mengaktifkan tombol Undo di gmail

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It